COVID-19 Kembali Meningkat, Masyarakat Harap Terapkan Protokol Kesehatan

TANGERANG РBelakangan ini, kasus COVID-19 kembali meningkat. Peristiwa ini tidak hanya terjadi di Indonesia melainakan juga terjadi di beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina. Kenaikan ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5, subvarian EG 2, dan EG 5. Dikutip dari sehatnegeriku.kemenkes.go.id, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, rata-rata kasus harian COVID-19 bertambah sebanyak 35-40 kasus. Sementara itu, pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang. Dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0.06% dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Dikutip dari bbc.com Juru bicara Kemenkes Syahril Mansyur memaparkan gejala Covid subvarian EG.2 dan EG.5 lebih ringan ketimbang varian-varian sebelum Omicron. “Tidak ada gejala khusus. Hanya batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan demam. Lebih ringan,” tutur Syahril.

Pemerintah juga mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kondisi tubuh agar tetap sehat dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Terutama pada penggunaan masker ketika berada di transportasi publik serta selalu mencuci tangan sehabis berpergian dan sebelum mengkonsumsi apapun.

Menanggapi peristiwa tentang kenaikan kasus COVID-19 yang terjadi dan himbauan dari pemerintah, Teman Tangerang diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara sebagai berikut:

  1. Gunakan masker saat ditransportasi umum dan ruang publik
    Hal ini perlu dilakukan mengingat ketika saat berada di transportasi umum dan ruang publik, kita tidak dapat memastikan apakah orang disekitar kita berada dalam kondisi sehat atau tidak.
  2. Selalu mencuci tangan sebelum makan dan minum
    Langkah kecil ini sangat memiliki dampak yang besar, dikarenakan ketika kita mencuci tangan sebelum mengonsumsi makanan dan minuman dapat menurunkan persentase tertularnya penyakit.
  3. Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit
    Jagalah jarak batas aman ketika sedang berhadapan atau berada di sekitar orang sakit, terutama penyakit yang dapat tertular melalui udara atau droplet.
  4. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
    Dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalmu, Teman Tangerang dapat menurunkan persentase terjangkitnya penyakit karena suhu atau kelembapan udara dapat terjaga secara tidak langsung.
  5. Berolahraga rutin
    Berolahragalah minimal 30 menit-1 jam dengan frekuensi tiga kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan dengan berolahraga kamu dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu, hal ini berguna untuk melawan penyakit yang akan menjangkit dan masuk kedalam tubuh.
  6. Konsumsi makanan dan minuman sehat
    Makan 4 sehat 5 sempurna dapat menjaga tubuhmu semakin baik ditambah dengan kamu berolahraga. Hal ini memberikan kombinasi untuk melawan setiap penyakit yang masuk kedalam tubuhmu serta menjaga kestabilan hal yang dibutuhkan oleh tubuh
  7. Istirahat yang cukup
    Tidak sedikit orang-orang yang menyepelekan waktu istirahat malamnya, Teman Tangerang perlu beristirahat yang cukup dengan tidur malam 8 jam per hari. Kamu perlu tahu istirahat malam tidak akan dapat digantikan oleh istirahat disiang hari walaupun waktu yang kamu habiskan lebih banyak. Namun, sebaliknya justru akan membuat tubuh dan moodmu tidak baik selama seharian penuh

Mulailah dengan jaga dirimu sendiri terlebih dahulu, karena secara tidak langsung kamu juga turut menjaga orang-orang yang kamu sayangi disekitarmu

Penulis: Ikhwan Rhendy Saputro

Sumber: sehatnegeriku.kemenkes.go.id, bbc.com

Sumber Foto: cnbcindonesia.com

December 11, 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *