TANGERANG – Pameran teknologi informasi dan komunikasi, Indocomtech 2023 telah dibuka dan diresmikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer (Apkomindo) pada Rabu (25/10/2023) di Hall 7, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Pameran Indocomtech kali ini diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI) dan Satue Event. Acara ini diselenggarakan selama 5 hari mulai 25-29 Oktober 2023.

Hadir dengan tema “AI’m Existing”, Indocomtech yang telah digelar ke-29 kali diharapkan menjadi solusi kesiapan SDM dalam menghadapi berbagai tantangan teknologi kecerdasan buatan atau dikenal dengan sebutan Artificial Intelligence (AI).

Sesuai dengan tema tahun ini, Indocomtech mengikuti kebutuhan masyarakat karena saat ini jika membahas teknologi, maka yang dibicarakan bukan hanya di hardware saja, tetapi aplikasi yang sudah menggunakan AI.

Ketua Umum Yayasan Apkomindo Rudy D. Muliadi dalam sambutannya mengatakan suasana pameran Indocomtech pada tahun ini agak berbeda. Hal ini dikarenakan, pertama kalinya Indocomtech diselenggarakan di ICE BSD.

“Indocomtech ini kita sambut, suasananya akan berbeda. Jadi, selama ini kita selalu ada di JCC Senayan. Tahun lalu kita selenggarakan di bulan Juni. Tahun ini kita kembali di akhir bulan Oktober tapi dengan tempat yang agak berbeda di ICE,” ujar Rudy.

Sementara itu, Head Of Category Development Tokopedia Arum Sekartika mewakili Tokopedia sebagai Official E-Commerce Partner untuk pameran Indocomtech mengungkapkan bahwa kategori elektronik dan gadget memiliki banyak peminat.

“Dari awal tahun 2023 sampai saat ini kategori elektronik dan gadget itu merupakan salah satu dari kategori yang sangat diminati dan dicari oleh pengunjung-pengunjung tokopedia,” kata Arum.

Dalam pameran ini,  pengunjung dapat mengunjungi stand produk dari pelaku usaha Tokopedia dan melakukan pembayaran secara langsung lewat Tokopedia. Oleh karena itu, prosedur pembeliannya berupa Self-Pick Up barang yang sudah dibeli. 

Tak hanya itu, jika ingin browsing online Tokopedia juga menyediakan halaman promo khusus di aplikasi Tokopedia. Pengunjung akan mendapatkan diskon khusus selama pameran berlangsung.

Direktur Utama Satue Event Bambang Setiawan berharap target penjualan pada pameran Indocomtech tahun ini adanya kenaikan dibanding dengan tahun sebelum-sebelumnya.

“Kalau kita mengacu dari beberapa tahun, baik itu sebelum covid atau sesudah covid kemarin ya mungkin kita berharap adanya kenaikan hingga 50-80 persen,” tutup Bambang.

Penulis: Sopyah Lestari 

 

October 26, 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *