Star Radio - Yuk Stars, Kurangi Sampah Plastik dari Sekarang!
Lifestyle
Yuk Stars, Kurangi Sampah Plastik dari Sekarang!
July 24th | 2019

“Buanglah sampah pada tempatnya” dan “jagalah kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman” ya itulah kalimat ajakan yg sering Stars lihat di kantin, kost-kostan atau di tempat biasanya nongkrong bareng teman. 

Plastik memiliki dampak buruk yang luas. Selain mencemari lingkungan, plastik juga bisa membahayakan makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Dan saat ini Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Tanpa disadari, plastik yang menjadi bagian dari kehidupan telah mencemari kesehatan kamu nih Stars. Tapi tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan. Berikut langkah kecil yang bisa kamu ambil untuk mengurangi konsumsi plastik harianmu.

1.    Membawa Tas Belanja Sendiri atau Tote Bag
Jika biasanya kamu berbelanja dan ditawarkan kantong plastik, mulai sekarang cobalah untuk memberanikan diri katakan ‘tidak’ pada yang memberi ya Stars.


2.    Membawa Tumbler
Tumbler air minum yang kamu bawa sendiri bisa mencegah timbunan botol plastik minuman, loh Stars. Selain itu, kamu bisa menghemat uang yang kamu gunakan untuk membeli air minum dalam kemasan.


3.    Gunakan Kotak Bekal Untuk Membungkus Makanan
Beli nasi di warteg tanpa plastik bisa dilakukan dengan membawa kotak bekal sendiri. Serahkan kotak bekal kosongmu kepada si penjual untuk diisi dengan menu kesukaanmu.


4.    Gunakan Sedotan dan Sendok/Garpu Stainless Steel
Barang plastik sekali pakai seperti sedotan dan sendok/garpu plastik menyumbang sampah plastik cukup besar. Untuk menyiasatinya,  bawa sendiri peralatan makan seperti sendok dan garpu dan beranikan bilang ‘tidak’ kepada si penjual. Sekarang sudah ada juga kok Stars sedotan dan sendok/garpu yang reusable alias dapat digunakan berulang-ulang.


5.    Buanglah Sampah ke Tempatnya Sesuai Pengelompokan
Pemisahan sampah berdasarkan pengelompokkannya bertujuan untuk memudahkan dalam pengolahannya. Sampah anorganik khususnya yang berbahan dasar plastik baik itu bungkus makanan, botol mineral dan lainnya bisa dijadikan sebagai sampah komersial sehingga laku dijual apabila kamu mampu mengolahnya jadi produk lebih berguna.

Nah, sekarang tergantung ke pribadi kamu masing-masing nih Stars. Sejauh mana rasa peduli untuk mengurangi sampah plastik di sekitar kamu berada. 

Mia Permatasari, 2019

Share This