Star Radio - Waspada Virus Marburg, Berikut Langkah Pencegahan Penularan
Lifestyle
Waspada Virus Marburg, Berikut Langkah Pencegahan Penularan
August 13th | 2021

Di saat penyebaran COVID-19 belum usai, muncul virus baru yang melanda Afrika Barat. Virus baru tersebut bernama virus Marburg.

Dalam laman resmi AFP, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahawa virus Marburg mirip dengan ebola. Ebola sendiri merupakan salah satu virus yang cukup mematikan dan telah memakan banyak korban.

Penularan virus Marburg ini berbeda dengan penularan virus COVID-19. Virus Marburg dikatakan menular melalui cairan tubuh manusia atau darah. Selain itu virus ini juga dapat menular melalui benda-benda yang telah terkontaminasi cairan tubuh si penderit seperti, tempat duduk, baju, dan benda-benda yang telah terkontaminasi.

Untuk menunjukan gejala pada tubuh manusia, virus ini membutuhkan waktu dua hingga 21 hari untuk bisa dirasakan. Adapun ciri-ciri orang yang terpapar virus Marburg antara lain mendadak mengalami demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri otot, muntah hingga diare.

Hal paling fatal dari virus ini yaitu bisa menyebabkan kematian yang biasanya terjadi antara delapan atau sembilan hari setelah muncul gejala awal.

Sangat berbahaya, hingga saat ini masih belum ditemukan  vaksin atau perawatan antivirus untuk virus Marburg.

Menurut WHO, ada cara pencegahan penularan virus Marburg yang utama yakni selama melakukan kegiatan apapun, setiap orang harus mengenakan sarung tangan dan pakaian pelindung lain yang sesuai (termasuk masker)

Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut beberapa langkah pencegahan penularan virus Marburg:

1. Mengurangi risiko penularan dari manusia ke manusia di masyarakat yang timbul dari kontak langsung atau dekat dengan pasien yang terinfeksi, terutama dengan cairan tubuh mereka.

2. Kontak fisik yang dekat dengan pasien Marburg harus dihindari. Sarung tangan dan alat pelindung diri yang sesuai harus dipakai saat merawat pasien yang sakit di rumah.

3. Mencuci tangan secara teratur harus dilakukan setelah mengunjungi kerabat yang sakit di rumah sakit, serta setelah merawat pasien yang sakit di rumah.

4. Langkah-langkah penahanan wabah termasuk penguburan yang cepat, aman dan bermartabat.

5. Mengidentifikasi orang-orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi Marburg dan memantau kesehatan mereka selama 21 hari

6. Memisahkan yang sehat dari yang sakit untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan memberikan perawatan kepada pasiden yang dikonfirmasi dan menjaga kebersihan yang baik dan lingkungan yang bersih perlu diperhatikan.

Nah Stars, itu dia beberapa langkah pencegahan penularan virus Marburg. Untuk mengantisipasi, kalian bisa mengenal terlebih dahulu virus ini secara menyeluruh.

 

(C)

Sumber foto: Okezone.com

Share This