Star Radio - Varian Terbaru Virus Corona A Y 4.2 Atau Delta Plus Lebih Cepat Menular
Lifestyle
Varian Terbaru Virus Corona A Y 4.2 Atau Delta Plus Lebih Cepat Menular
November 12th | 2021

Varian delta plus merupakan subvarian dari varian delta yang sangat menular dari virus corona. Delta plus memiliki nama lain AY.4.2. Varian ini merupakan kombinasi antara varian Delta AY.4 dengan mutasi pada spike S:Y145H.

AY.4.2 adalah cabang dari Delta yang mencakup beberapa mutasi baru yang mempengaruhi protein spike, yang digunakan virus untuk menembus sel-sel. Subvarian ini berisi perubahan yang dapat memberikan keunggulan kelangsungan hidup virus dibandingkan varian lainnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, pihaknya mewaspadai masuknya varian Corona AY.4.2 atau Delta Plus ke Indonesia seiring dengan terdeteksinya varian tersebut di Singapura dan Malaysia.

Sementara itu, Pakar ilmu kesehatan dari Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan, dari data terbaru varian Covid-19 yang diterimanya, varian Corona AY.4.2 lebih menular 10 hingga 15 persen dari Delta.

"Dari lima kemungkinan dampak maka baru ada informasi tentang penularan, yaitu bahwa AY.4.2 nampaknya sekitar 10 sampai 15 persen lebih menular," kata Tjandra Yoga Aditama di Jakarta, Rabu, dikutip dari Antara.

Data dari database pelaporan virus GISAID juga menunjukkan bahwa kasus subvarian telah dilaporkan di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan sebagian Eropa Barat.

Hingga 16 Juni , setidaknya 197 kasus Delta Plus telah ditemukan di 11 negara – Inggris (36), Kanada (1), India (8), Jepang (15), Nepal (3), Polandia (9), Portugal (22), Rusia (1), Swiss (18), Turki (1), Amerika Serikat (83).

Sebelum virus corona varian sebelum AY.4.2 sudah ada Delta Plus yang lain. Pada sekitar Mei dan Juni 2021 India menghadapi varian K417N yang juga merupakan turunan dari varian Delta dan mereka sebut sebagai Delta Plus ketika itu.

 

(FSA)

Sumber foto: dkhz.com

Share This