Star Radio - Vaksin Sinovac Diperbolehkan Untuk Anak Usia 6-11 Tahun
Lifestyle
Vaksin Sinovac Diperbolehkan Untuk Anak Usia 6-11 Tahun
November 9th | 2021

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah memberi persetujuan penggunaan vaksin CoronaVac atau yang dikenal dengan Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun. Ini membuat vaksinasi pada anak penting untuk dipertimbangkan. Anak juga merupakan kelompok yang paling terdampak Covid-19.

Ini membuat vaksinasi pada anak penting untuk dipertimbangkan. Sebelumnya, vaksinasi Covid-19 sudah mulai diberikan pada anak usia 12 tahun ke atas. Rencananya, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun akan mulai dilakukan pada awal tahun 2022.

Penggunaan vaksin Sinovac untuk anak disetujui berdasarkan pertimbangan aspek khasiat dan keamanan. Aspek ini dinilai berdasarkan studi klinik di Cina dengan total subjek 1050 anak. Penelitian menunjukkan penggunaan Vaksin Sinovac pada anak usia 6-11 tahun aman dan dapat ditoleransi dengan baik. Dengan persetujuan ini, maka vaksin sinovac merupakan vaksin yang disetujui oleh Indonesia untuk anak usia 6-11tahun.

Selain itu, untuk efek samping vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun tak jauh beda dengan remaja dan dewasa. Menurut Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Hinky Hindra Irawan Satari, efek samping vaksin Sinovac pada anak bisa berupa reaksi nyeri di lokasi suntikan atau demam.

"Gejalanya samalah dengan dewasa. mungkin ada beberapa proposi ya. Kalaupun berbeda, tapi enggak berbeda begitu jauh," tutur Hindra dikutip dari Health Liputan6.com.

Dilansir dari alodokter, efek samping yang sering terjadi setelah di suntik vaksin sinovac adalah nyeri atau bengkak di tempat bekas suntikan, nyeri otot, sakit kepala, demam, kelelahan, mual dan muntah.

 

(FSA)

Sumber foto: halodoc.com

Share This