Star Radio - Vaksin Covid-19 Gratis, Lapor Jika Dipungut Biaya
Lifestyle
Vaksin Covid-19 Gratis, Lapor Jika Dipungut Biaya
August 25th | 2021

Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa program vaksinasi Covid-19 yang diberikan pemerintah ke seluruh masyarakat tidak dipungut biaya alias gratis.

Budi menyampaikan, jika dalam program vaksinasi Covid-19 ada pihak yang meminta biaya, maka harus segera dilaporkan ke pemerintah.

"Semua rakyat disuntiknya gratis. Tidak ada yang bayar. Kalau ada yang meminta pembayaran silahkan hubungi pengaduan  Kemenkes di nomor telepon 021-1500567 atau di email-nya pengaduan.itjen@kemkes.go.id. ," jelas Budi dalam konferensi pers di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

Selain itu, Budi juga menghimbau masyarakat untuk tidak memilih-milih vaksin  upaya menjaga vaksin ini untuk tetap gratis.

"Semua vaksin memberikan manfaat yang sama yaitu untuk membangun antibodi tubuh kita.," tambah Budi.

Budi juga memberitahukan bahwa pada bulan Agustus ini, Indonesia akan kedatangan 62,6 juta dosis. Jika dibandingkan dengan bulan Januari hingga Juli vaksin yang datang ada 90 juta dosis, sedangakan dalam bulan ini tambahannya ada 62,6 juta dosis.

Ia juga mengatakan bahwa dari 62,6 juta dosis, 1,56 juta dosisnya merupakan vaksin jenis Pfizer.

“Di bulan Agustus ini kita sudah kedatangan 1,56 juta dosis Pfizer, yang dibeli langsung dari Pfizer.  Di akhir bulan kita juga akan kedatangan 4,6 juta dosis Pfizer yang merupakan hasil kerja sama multilateral vaksin gratis dari COVAX,” lanjut Budi.

Budi juga menyampaikan arahan dari Presiden Jokowi terkait penggunaan vaksin.

"Presiden minta agar segera disuntikan dan jangan ditahan sebagai stok vaksin, serta meminta agar pemerintah provinsi untuk segera melakukan distribusi sampai ke tingkat kabupaten dan desa," jelas Budi.

 

(C)

Sumber foto: Youtube Sekretariat Presiden

Share This