Star Radio - Usai Kibarkan Merah Putih, 30 Mahasiswa Terjebak di Gunung Amonggedo
Lifestyle
Usai Kibarkan Merah Putih, 30 Mahasiswa Terjebak di Gunung Amonggedo
August 18th | 2021

Tiga puluh mahasiswa pecinta alam (mapala) terjebak di Gunung Amonggedo, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara usai melakukan pengibaran Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari pun turun tangan untuk mengevakuasi puluhan mahasiswa pencinta alam yang terjebak di hutan Gunung Amonggedo.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi menyatakan bahwa puluhan mapala terjebak di gunung sekitar pukul 20.00 WITA, Selasa (17/08/2021).

Dilansir dari Kompas.tv, menurut Aris, informasi dari staf BPBD Konawe, Abel menyatakan bahwa ada sekitar 30 mahasiswa yang terjebak.  

Diketahui pada 16 Agustus 2021 pukul 15.00 WITA, sekitar 30 mapala menuju ke Gunung Amonggedo untuk melaksanakan pengibaran Merah Putih pada 17 Agustus 2021.

Namun, usai melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera, para mapalah tersebut tidak dapat kembali pulang akibat curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan aliran sungai meluap diikuti arus yang deras.

“Untuk diketahui perjalanan menuju lokasi para mahasiswa pecinta alam harus melewati tiga sungai,” ucap Aris dikutip dari Antara, Selasa (17/08/2021).

Dikabarkan  pukul 20.15 WITA tim penyelamat Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari diberangkatkan menuju lokasi kejadian untuk memberikan bantuan penyelamatan.

Selain Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP), upaya evakuasi para korban juga akan melibatkan tim penyelamat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BPBD), Babinsa Amonggedo serta warga setempat.

“Jarak tempuh sekitar 56 km, kondisi cuaca saat ini sedang hujan,” lanjut Aris.

Stars, doakan para mahasiswa agar bisa ditemukan secepatnya ya!

 

(C)

Sumber foto: Kendariinfo.com

Share This