Star Radio - Tips Olahraga Waktu Berpuasa Yang Menyehatkan
Lifestyle
Tips Olahraga Waktu Berpuasa Yang Menyehatkan
May 14th | 2019

Stars, jangan jadikan ibadah puasa sebagai alasan untuk kamu tidak berolahraga. Justru pada saat bulan puasa kamu harus menjaga tubuh agar tetap fit dengan berolahraga. Namun, tentu saja porsi olahraga yang kamu lakukan di bulan puasa tidak seintensif saat bulan-bulan lainnya.

Kamupun harus selektif dalam memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuanmu. Berikut berbagi tips olahraga saat berpuasa yang menyehatkan sekaligus menyenangkan :

1.      Olahraga Sebelum Buka Puasa

Stars, sesekali cobalah untuk ngabuburit dengan berolahraga. 1-2 jam sebelum waktu buka puasa tiba adalah waktu yang banyak dipilih oleh orang-orang yang sedang berpuasa untuk melakukan olahraga. Agar lebih seru, kamu bisa mengajak teman untuk berolahraga bersama. Olahraga yang biasa dilakukan sebelum waktu buka puasa adalah futsal, basket, atau golf.

 

2.      Olahraga Sebelum Sahur

Stars, jika kamu tidak sempat untuk berolahraga sebelum buka puasa, cobalah untuk tidak melewatkan waktu olahraga sebelum sahur. Memilih berolahraga sesaat sebelum sahur memang lebih berat, karena kamu harus bangun lebih pagi. Namun, hal tersebut lebih baik dibanding menahan haus karena olahraga setelah sahur. Solusi agar tidak mengantuk, kamu bisa tidur lebih awal. Tidurlah setelah pulang tarawih dan hentikan kebiasaan begadang hingga larut malam. Olahraga yang kerap kali dilakukan sebelum waktu sahur adalah kardio di atas treadmill atau bersepeda.

 

3.      Pangkas Waktu Olahraga

Stars, berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk berolahraga dalam satu hari? 90 menit, 60 menit, atau 30 menit? Ketika bulan puasa, kamu harus memangkas waktu olahraga kamu sehari-hari. Jika biasanya kamu berolahraga selama 60 menit, saat sedang puasa kamu cukup berolahraga selama 45 menit saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh kamu agar tidak terlalu letih.

 

4.      Jangan Anggap Olahraga Sebagai Kewajiban

Salah satu tips olahraga waktu puasa yang harus kamu lakukan adalah rileks dan santai. Nikmati setiap olahraga yang kamu lakukan. Jangan pernah merasa bahwa olahraga adalah sebuah kewajiban, karena hal tersebut bisa membuat kamu menjadi terbebani. Saat bulan puasa, kamu tidak perlu berolahraga setiap hari jika memang tidak mampu. Lakukan olahraga sebisamu saja, entah itu 2 atau 3 hari sekali.

 

5.      Hidrasi Tubuh Saat Buka Puasa dan Sahur

Stars, berolahraga pada saat puasa akan membuat cairan di dalam tubuh menjadi berkurang secara drastis. Di hari-hari biasa kamu bisa langsung menenggak air putih setelah berolahraga, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada saat kamu puasa. Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, penuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat buka puasa dan sahur. Sepanjang malam, kamu bisa membantu proses hidrasi tubuh dengan mengkonsumsi air minum yang cukup, yakni 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Cara ini cukup efektif untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi sehingga kamu tetap dapat berolahraga dengan penuh semangat.

 

6.      Imbangi Olahraga dengan Makanan yang Tepat

Stars, agar kamu tetap bisa berolahraga saat bulan puasa, pilihlah makanan yang tepat. Perbanyak konsumsi serat dan protein pada saat sahur. Makanan yang berprotein tinggi dapat menghasilkan cadangan energi agar kamu dapat melakukan olahraga saat puasa.

 

               Stars, sekian tips olahraga waktu puasa, semoga informasi ini berguna dan bermanfaat yaaa. Tetaplah bersemangat untuk berolahraga walaupun sedang puasa agar tubuh kamu tetap sehat, bugar, dan berat badan kamu juga tidak membengkak saat lebaran nanti. Puasa lancar, olahraga jalan terus!

 

Ketty Dame, 2019 

Share This