Star Radio - Tewaskan Perjalan Kaki, Sopir TransJakarta Tidak Jadi Tersangka
Lifestyle
Tewaskan Perjalan Kaki, Sopir TransJakarta Tidak Jadi Tersangka
December 15th | 2021

Polisi telah merampungkan gelar perkara kasus kecelakaan bus Transjakarta yang menabrak penyeberang jalan di Ragunan. Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Argo Wiyono memastikan sopir berinisial YK tak jadi tersangka.

"Hasil gelar perkara yang bersangkutan sopir atas nama YK tidak cukup unsur untuk dijadikan tersangka yang melanggar unsur Pasal 310 Ayat 4," kata Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dikonfirmasi, Rabu (15/12).


Ia menyebut ada beberapa pertimbangan hingga akhirnya sopir bus TransJakarta tak dijadikan sebagai tersangka dalam kasus ini. Pertama, dari sisi pengemudi, pada saat jarak antara korban dengan bus sangat dekat, sehingga tidak cukup untuk melakukan pengereman.

"Jadi minal jarak pengereman minimal 14 meter dengan kondisi jalan basah kalau kering 10 meter dengan jarak," ungkap Argo.

Kedua, tidak ada ruang gerak di jalur busway yang membuat pengemudi tidak bisa menghindar ketika korban berinisial RH tersebut secara tiba-tiba muncul menyeberang.

Fakta-fakta ini didapat berdasarkan hasil pemeriksaan rekaman kamera CCTV di tempat kejadian perkara (TKP).

Alasan ketiga ditinjau dari sisi korban selaku penyeberang jalan, yang justru dianggap melanggar Pasal 172 ayat 1 bahwa seorang pejalan kaki yang menyeberang itu harus menggunakan jembatan penyeberangan atau di zona penyeberangan. Sementara tidak jauh dari TKP terdapat jembatan penyeberangan untuk pejalan kaki.

Selain itu, menurut Argo, keluarga korban tidak melakukan penuntutan jadi diselesaikan secara restorative justice.

Kemudian, sambung Argo, dari beberapa hal ini penyidik berkeyakinan bahwa sopir tidak cukup unsur dijadikan tersangka

Insiden ini bermula saat bus TransJakarta baru saja melintas dari halte SMK 57 menuju ke arah pool Klender. Setelah meninggalkan halte, bus menabrak korban yang tiba-tiba melintas dari pagar oembatas masuk ke jalur busway.

(SNA)

Sumber foto : Google

Share This