Star Radio - Stars harus tau, Bahaya Terlalu Banyak minum Kopi
Lifestyle
Stars harus tau, Bahaya Terlalu Banyak minum Kopi
September 2nd | 2019

Staradio1073fm.com – Stars, Bagi kamu yang pecinta kopi, belum lengkap rasanya pagi ini bila belum menyeruput hangatnya aroma kopi. Memang, dibalik manfaat bagi kesehatan kebanyakan minum kopi juga berefek negative loh stars.

Namun, di sisi lain, terlalu banyak minum kopi juga justru akan berdampak buruk untuk kesehatan dan mengakibatkan banyak Efek samping yang berbahaya pada kesehatan.

Studi menunjukkan mengkonsumsi kopi dalam jumlah kecil hingga sedang, baik untuk tubuh. Sedangkan dosis kafein yang tinggi dapat memiliki efek samping yang berbahaya.

Pada setiap orang, konsumsi kopi yang aman atau toleransi  terhadap kopi akan sangat berbeda-beda. Terlebih pada orang yang tak terbiasa minum kopi, sedikit saja kafein dapat menimbulkan gejala pada tubuh. Selain itu, kopi juga mengandung cafesol dan kahweol. Kedua kandungan tersebut adalah bahan kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Salah satu kopi yang mengandung bahan kimia tinggi karena tanpa disaring terlebih dahulu adalah kopi jenis espresso. Karena itu ada baiknya kamu mengetahui bahaya atau dampak yang ditimbulkan karena mengonsumsi kopi terlalu berlebihan.

Berikut beberapa efek yang terjadi jika terlalu banyak minum kopi:

1.Gelisah

Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Kadar kafein yang tinggi pada kopi dapat membawa kewaspadaan itu menjadi kegugupan dan kecemasan. 

Penelitian menunjukkan asupan kafein harian yang tinggi mencapai 1.000mg atau lebih per hari dapat  menyebabkan kegugupan. Dosis sedang juga menyebabkan pernapasan lebih cepat dan meningkatkan stres.

2. Insomnia
Terlalu banyak minum kopi dapat membuat kamu mengalami insomnia. Studi menemukan asupan kafein yang tinggi meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk tertidur. Hal ini juga dapat mengurangi total waktu tidur, terutama pada orang tua.

Kafein umumnya dapat bertahan membuat tubuh terjaga rata-rata lima hingga sembilan jam. Jumlah kafein yang dapat dikonsumsi tanpa mempengaruhi tidur, akan tergantung pada genetika dan faktor lainnya yang berbeda pada setiap orang.

3. Masalah pencernaan
Kafein dapat merangsang gerakan usus dengan meningkatkan gerak peristaltik atau kontraksi. Dikutip dari situs kesehatan Health Line, dosis kafein yang tinggi dapat menyebabkan buang air besar atau bahkan diare.

Beberapa penelitian juga mendapati kopi dan minuman berkafein lainnya dapat memperburuk penyakit.

4. Tekanan darah tinggi
Minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah karena adanya efek stimulasi pada sistem saraf. Tekanan darah yang meningkat merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

5. Detak jantung meningkat 
Efek stimulasi kafein juga dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Studi menemukan terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan fibrilasi atrium atau irama detak jantung yang berubah pada anak muda. 

Nah, itu dia stars gejala yang akan dialami akibat terlalu banyak minum kopi. jaga kesehatannya ya stars!

 

Penulis ( Nita Yuliyanti, 2 September 2019 )

Share This