Star Radio - Setelah 50 Tahun Tertidur, Gunung Cumbre Vieja di Spanyol Meletus Lagi
Lifestyle
Setelah 50 Tahun Tertidur, Gunung Cumbre Vieja di Spanyol Meletus Lagi
September 20th | 2021

Sebuah gunung berapi Cumbre Vieja yang berada di pulau La Palma di Samudra Atlantik Spanyol meletus pada Minggu (19/9/2021), setelah ada lebih dari 22 ribu gempa dilaporkan dalam waktu sepekan.

Gunung berapi tersebut memuntahkan lahar yang menyembur ke udara dan mengalir ke sungai menuju rumah penduduk di dua desa sekitar.

Dilansir dari Republika, pihak berwenang mulai mengevakuasi warga yang rentan dan beberapa hewan ternak dari desa-desa terdekat, sebelum letusan pada pukul 15.15 waktu setempat.

Ketika lahar mulai turun setelah dua jam kemudian, pemerintah setempat memberikan perintah untuk evakuasi empat desa, termasuk El Paso dan Los Llanos de Aridane.

Suatu rekaman video menunjukkan lahar menyembur dari gunung berapi tersebut dan mengalir ke sungai. Satu aliran lahar menelan rumah-rumah yang tersebar di El Paso.  

Presiden Kepulauan Canary, Angel Victor Torres, menyampaikan bahwa sebanyak lima ribu orang telah dievakuasi dan sejauh ini tidak ada cedera yang dilaporkan.

Torres mengatakan sebagian besar orang menemukan keluarga atau teman untuk menampung mereka dan sisanya berada di tempat penampungan.

Disamping itu, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez melakukan pembicaraan dan koordinasi terkait penanganan letusan gunung berapi dengan pemerintah setempat setelah tiba di La Palma pada malam hari.

"Kami memiliki semua sumber daya (untuk menghadapi letusan) dan semua pasukan, warga diharapkan tenang,” ujar Sanchez.

Seorang ahli vulkanologi di Spanish Geographical Institute, Stavros Meletlidis, mengatakan letusan itu telah merobek lima lubang di lereng bukit. Namun, ia tidak bisa memastikan berapa lama aliran lahar itu akan berlangsung.

“Kami harus mengukur lahar setiap hari dan itu akan membantu kami mengatasinya," ujar Meletlidis.

Sebagai informasi, ini adalah pertama kalinya gunung berapi Cumbre Vieja, yang terletak di Kepulauan Canary di Samudra Atlantik meletus lagi setelah tahun 1971.

Pada 1971, seorang pria tewas saat dia mengambil foto di dekat aliran lahar, tetapi tidak ada properti yang rusak. Menurut Spanish National Geographical Institute (ING), letusan paling awal yang tercatat di La Palma terjadi pada 1430.

“Saya berumur 5 tahun ketika gunung berapi terakhir meletus (tahun 1971).  Anda tidak akan pernah bisa melupakan letusan gunung berapi tersebut,” jelas Fuentes.

 

(C)

Sumber foto: Detik.com

Share This