Star Radio - Server Instagram, Whatsapp, Dan Facebook Error. Ini Alasannya
Lifestyle
Server Instagram, Whatsapp, Dan Facebook Error. Ini Alasannya
October 5th | 2021

Pengguna sosial media di seluruh dunia mengeluhkan Facebook, Whatsapp, dan Instagram yang tidak bisa diakses sejak Senin malam (04/10) yang berlangsung hampir 2 jam. Mengutip dari BleepingComputer, Senin (4/10/2021), hal ini terjadi karena masalah pada DNS (Domain Name System).

Pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi, dan muncul tulisan "Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti."

Saat ini, situs .onion Facebook juga sedang down, menunjukkan kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang sama seperti yang ditampilkan oleh situs web perusahaan.

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.

Dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons, yang menunjukkan bahwa ini adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server.

Pengguna sosial media pun beranjak ke twitter dan menyinggung soal masalah 3 sosial media yang berada dibawah naungan Mark Zuckerberg tersebut. Mark meminta maaf atas kejadian pengguna yang tidak bisa mengakses sosial media dan pesan yang dimilikinya sejak Senin malam.

“Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger akan kembali online sekarang. Maaf atas gangguan ini. Saya tahu betapa Anda bergantung pada layanan kami untuk tetap terhubunga dengan orang yang Anda sayangi,” tulis Mark melalui laman Facebook miliknya.

 

(KF)

Sumber foto: Google

Share This