Star Radio - Sering Melewatkan Sarapan? Ini Dia 5 Fakta yang Perlu Kamu Tahu
Lifestyle
Sering Melewatkan Sarapan? Ini Dia 5 Fakta yang Perlu Kamu Tahu
August 13th | 2019

Stars, apakah kamu masih sering melewatkan sarapanmu? Sarapan akan memberikan efek yang baik bagi tubuh, lho Stars. Saat tidur tubuh tidak mengonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Dan hal tersebut akan mengganggumu dalam beraktivitas. Karena itulah kita memerlukan sarapan untuk me-recharge tubuh kita.

Sarapan dinilai penting karena memiliki manfaat mulai dari memberi nutrisi untuk tubuh, meningkatkan metabolisme untuk menjadi energi dan tentunya bisa menjauhkan dari berbagai penyakit seperti maag, jantung, serta diabetes.

Nah selain itu, ada 5 fakta lain tentang sarapan, nih, Stars. Yuk disimak!

1. Sarapan nggak bikin ngantuk

Pernah dengar mitos kalau sarapan akan membuat kita merasakan kantuk saat berativitas? Nyatanya, bukan kebiasaan makan saat pagi tersebut yang membuat kita mengantuk melainkan jenis makanan yang kita konsumsi saat sarapan.

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tanpa diimbangi dengan makanan ber-serat dan ber-protein saat sarapan, jelas saja kamu akan mengantuk. Selain itu, kamu juga akan merasa lelah karena tubuhmu telah melakukan aktivitas pencernaan yang cukup keras untuk mengurai makanan yang masuk.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat dan protein tinggi, seperti buah atau sayuran, roti serta susu. Dijamin kamu bisa makin produktif dalam beraktivitas karena sarapan yang baik menyumbangkan energi hingga 25% dari asupan energi harian, Stars.

2. Protein dan serat merupakan hal yang utama

Dua elemen penting dalam sarapan adalah protein dan serat. Jadi, pilihlah menu makanan yang kaya dengan dua zat tersebut.

Banyak ahli gizi yang merekomendasikan menu seperti oatmeal, telur, kacang-kacangan dan smoothies tanpa gula sebagai salah satu menu sarapanmu. Kedua elemen tersebut akan mampu membuatmu ber-energi sepanjang hari.

3.  “Duh aku mules nih, pasti karena sarapan tadi”

Stars, pernah gak kamu mendengar keluhan seperti itu dari orang di sekitar mu? Atau bahkan kamu pernah berkata kalau kamu tak ingin sarapan karena takut perutmu akan mulas nantinya?

Nah, buat kamu yang merasa mulas setelah makan pagi, sebenarnya hal tersebut bukan karena sarapannya, lho. Tapi, bisa jadi asam lambung kamu sedang tinggi. Ada baiknya kamu beraktivitas ringan dulu supaya asam lambung juga bekerja. Dan jangan lupa minum cukup air putih sebelum sarapan.

4. Menyebabkan sakit kepala

Mereka yang tidak sarapan lebih rentan merasa pusing pada saat beraktivitas, lho, Stars. Sarapan yang sehat dan mengandung serat sebagai pengontrol gula darah agar tetap stabil dan membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, memakan makanan yang mengandung protein saat sarapan akan berperan sebagai sumber energi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Nah, kedua nutrisi itulah yang juga dibutuhkan oleh otak sebagai sumber glukosa untuk energi di pagi hari.

Jadi, kebayang kan kalau kamu melewatkan sarapan? Kamu akan kekurangan sumber energi yang harusnya membantumu beraktivitas dan juga akan mengalami sakit kepala akibat kadar gula darah yang rendah saat kamu sedang aktif.

5. Beda orang, beda kebutuhan

Menurut Prof. DR. Ir. Hardiansyah, MS., porsi sarapan yang bagus adalah seperempat dari kebutuhan asupan makanan harian kita. Namun, kebutuhan makan setiap orang berbeda-beda. Jadi, porsi sarapannya pun akan berbeda.

Kebutuhan makanan seseorang dapat tergantung pada usia, jenis kelamin, ukuran tubuh dan juga aktivitas yang dilakukannya. Jadi jangan heran ya, Stars kalau kamu melihat teman atau orang disekitarmu memiliki porsi sarapan yang berbeda darimu. Hal yang penting adalah tubuhmu tetap mendapatkan asupan yang sesuai dan cukup untuk membuatmu sehat bertenaga.

Nah, Stars itu tadi 5 fakta mengenai sarapan. Sarapan adalah hal penting yang harus kamu sempatkan di tiap hari. Karena dengan rutin sarapan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan membuatmu terhindar dari berbagai penyakit.

Kamu mungkin juga pernah mendengar ada pepatah yang mengatakan “Makan pagi seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti pengemis,” Nah, seperti itulah pentingnya sarapan, Stars.

(nan)

Share This