Star Radio - Satu Pasien Positif Omicron Di Wisma Atlet Kabur Dari Karantina Karena Dispensasi
Lifestyle
Satu Pasien Positif Omicron Di Wisma Atlet Kabur Dari Karantina Karena Dispensasi
December 27th | 2021

Pertama kali diumumkan kasus varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau disebut virus Omicron teridentifikasi di Indonesia pada 15 Desember lalu itu kini telah berjumlah 46 kasus.

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, ada seorang peserta karantina di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang kabur alias tidak menjalani karantina terpusat.

Diketahui Kaburnya seorang yang positif Virus Corona Varian Omicron itu disinyalir karena ada dispensasi dari petugas di lapangan.

Hal ini memicu kekhawatiran apakah sebenarnya varian Omicron sudah menyebar ke daerah lain.

"Masih kita tidak tahu apakah daerah lain ada (Omicron) yang lolos dari sini (Wisma Atlet). Sebab, kemarin ada satu orang yang lolos dari situ karena pergi dengan keluarga," beber Luhut dalam konferensi pers Senin (27/12/2021).

Meski begitu, Luhut menekankan akan melakukan strategi micro lockdown jika kedapatan kasus Omicron. Hal ini menurutnya cukup efektif untuk menekan transmisi atau penularan sehingga tidak terus menyebar luas.

Kemudian menurut Luhut, berharap akan ada peningkatan pengawasan ketat terkait lockdown di Wisma Atlet. Ia tak ingin ada kasus serupa yang dikhawatirkan memicu penularan Omicron meluas ke luar Wisma Atlet.

Sebagai informasi, berdasarkan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 25 Tahun 2021, pelaku perjalanan luar negeri wajib karantina selama 10×24 jam

Sedangkan pelaku perjalanan dari 11 negara tempat transmisi komunitas Varian Omicron, durasi karantinanya 14 hari.

 

(FSA)

Sumber foto: google.com

Share This