Star Radio - Puncak Bogor Mulai Berlakukan Ganjil Genap, Berikut Daftar 7 Lokasi Pemeriksaan
Lifestyle
Puncak Bogor Mulai Berlakukan Ganjil Genap, Berikut Daftar 7 Lokasi Pemeriksaan
September 3rd | 2021

Mulai Jumat (3/9/2021), Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, akan memberlakukan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda dua dan empat di jalur Puncak Bogor.

Harun  selaku Kapolres Bogor AKBP menyampaikan, kendaraan berpelat Bogor maupun luar Bogor  berlaku untuk uji coba pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap yang akan diberlakukan setiap weekend selama 24 jam.

"Nah, nantinya akan diberlakukan setiap weekend yang dimulai dari hari Jumat besok, Sabtu, dan Minggu," kata Harun dalam keterangan tertulis , dikutip dari Kompas.com, Kamis (2/9/2021).

Ganjil genap ditentukan pada angka terakhir nomor polisi kendaraan. Jika angka terakhir nomor polisi ganjil maka kendaraan boleh melintas pada tanggal ganjil, sedangkan  angka genap untuk tanggal genap. Terdapat juga angka nol dianggap genap.

Jika ada kendaraan yang pelat nomornya tidak sesuai tanggal pada hari tersebut, maka petugas akan minta pengendara untuk memutar balikan kendaraannya. 

"Nanti ada petugas yang melakukan pemeriksaan di titik-titik check poin. Mereka yang akan langsung melakukan putar balik kendaraan yang tidak sesuai dengan nomor (ganjil/genap) pada hari tersebut," sambung Harun.

Meski begitu, adapun beberapa kendaraan yang dikecualikan dalam penerapan aturan ini yakni, mobil damkar, ambulans, mobil jenazah, kendaraan dinas TNI-Polri, angkutan umum, angkutan online, dan angkutan logistik.

"Diharapkan dengan pemberlakuan ganjil genap ini, masyarakat pun dapat mematuhi aturan-aturan yang diberlakukan nantinya agar pemberlakuan ganjil genap ini bisa berjalan dengan aman dan kondusif," tegas Harun.

Berikut  daftar tujuh titik pemeriksaan yang dijaga oleh petugas dalam uji coba aturan ganjil genap:

1. Pintu Tol Ciawi

2. Simpang Gadog

3. Pos penutupan arus Cibanon

4. Pos penutupan arus Bendungan

5. Jalur Babakan Madang atau Rainbow Hills

6. Jalur Belanova

7. Pintu gerbang Sirkuit Sentul.

 

(C)

Sumber foto: Sindonews.com

Share This