Star Radio - Prioritas Perempuan Berubah saat Jadi Ibu, Bagaimana Menyiasatinya?
Lifestyle
Prioritas Perempuan Berubah saat Jadi Ibu, Bagaimana Menyiasatinya?
April 23rd | 2018

Nah Stars, saat sudah menikah dan punya anak-prioritas seorang perempuan akan berubah. Tapi Anda harus mampu mengatur porsinya, apalagi bagi perempuan yang bekerja. Seperti apa menyiasatinya?

Umumnya, perempuan yang berkarir sangat jarang memperhatikan kondisi keluarganya secara utuh. Padahal Anda tidak boleh melakukan hal demikian, karena perempuan dikodratkan punya peran penting dalam membangun sebuah keluarga. Chief of Quality and Clinical Operations dari Siloam Hospital TB Simatupang Julie McCaughan mengatakan, perempuan dari segala usia harus didorong lebih aktif dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Semangat dan kegigihan pahlawan Kartini harus terus ada meski zaman sudah modern.

Waktu hidup perempuan juga harus dibagi rata, terutama bagi mereka yang berkarir. Meski tengah bekerja, perempuan tidak boleh melupakan kebutuhan keluarga, terutama anak-anaknya. Keluarga adalah prioritas nomor satu yang harus dijaga oleh perempuan. Anda harus mampu menjadi pondasi keluarga sebaik mungkin. Bila seorang perempuan telah menjadi ibu, prioritas akan berubah. Anda harus mendukung segala aktivitas yang dilakukan anak-anak, mendorong kreativitasnya, hingga mencukupi kebutuhan gizinya. Setiap perempuan harus mencontohkan hal baik kepada anak-anak. Termasuk menerapkan kebiasaan makan sehat di dalam keluarga, hingga menjaga kesehatan buah hati agar jauh dari penyakit.

Paling tidak, sebelum berangkat bekerja Anda bisa memenuhi kebutuhan anak-anak dan suami. Misalnya menyiapkan sarapan dengan nutrisi yang bergizi, mengantarkan anak-anak ke sekolah sambil berangkat ke kantor, dan hal baik lainnya yang membuat mereka bahagia.

Di kantor, Anda harus memantau kegiatan anak-anak di rumah di sela bekerja. Anda bisa mengetahui aktivitas mereka dengan menelefon atau video call. Anda harus rutin melakukan kebiasaan ini agar tidak melupakan kodratnya sebagai ibu.

Kemudian, saat Anda pulang bekerja, pastinya harus melupakan pekerjaan kantor untuk sementara waktu. Urus keluarga di rumah, dengan cara menghabiskan waktu dengan anak-anak. Temani mereka untuk menyelesaikan tugas sekolahnya, mengajak si kecil bermain, atau menidurkan dia sampai pulas.Meski sudah banyak kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, perempuan jangan mudah mengeluh. Banyak hal yang lebih penting dari itu, supaya Anda bisa tetap nyaman bekerja dan mendukung keluarga.

Beni Saputro, 2018. (OkeZone)

Share This