Star Radio - Presiden Armenia Armen Sarkisian Mengundurkan Diri
Lifestyle
Presiden Armenia Armen Sarkisian Mengundurkan Diri
January 24th | 2022

Presiden Armenia Armen Sarkisian mengundurkan diri dari jabatannya karena kewenangannya dibatasi untuk mempengaruhi kebijakan selama masa krisis nasional.

"Ini bukan sebuah keputusan emosional, tapi diambil secara logis," kata Sarkissian dalam keterangan di situs resminya, Minggu, 23 Januari 2022.

"Di tengah masa sulit seperti saat ini, presiden tidak memiliki alat-alat yang diperlukan untuk memengaruhi proses penting dalam pembentukan kebijakan domestik dan luar negeri," sambungnya, dikutip dari TRT World.

Inti dari ketidaksepakatan itu adalah pemecatan kepala staf militer Armenia. Sarkisian menolak untuk menandatangani perintah dari Pashinyan agar kepala staf dipindahkan.

Menurut Sarkisian krisis tidak dapat diredakan melalui pergantian personel yang sering. Sarkisian dalam pernyataannya Minggu malam mengecam "kenyataan di mana presiden tidak dapat memveto undang-undang yang dia yakini buruk bagi rakyat dan negara".

Ia menambahkan bahwa berbagai kelompok politik di negara yang terkurung daratan itu memandang kantor kepresidenan bukan sebagai anugerah bagi Armenia tetapi sebagai "bahaya bagi mereka".

"Saya berharap pada akhirnya perubahan konstitusi akan dilaksanakan dan presiden dan pemerintahan presiden berikutnya akan dapat beroperasi dalam lingkungan yang lebih seimbang," tambah pernyataan itu.

Armen Sarkisian, seorang mantan profesor fisika, lahir pada 1953 di ibu kota Yerevan. Ia menjabat sebagai perdana menteri antara 1996-1997, menurut biografi resmi.

Sarkisian sempat menjabat duta besar Armenia untuk Inggris sebelum terpilih sebagai presiden pada Maret 2018 oleh legislatif dengan suara mayoritas.

Pengumuman pengunduran diri Sarkisian datang tak lama setelah kunjungan ke Uni Emirat Arab.

 

 

(FSA)

Sumber foto: google.com

Share This