Star Radio - PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang lagi hingga 16 Agustus 2021
Lifestyle
PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang lagi hingga 16 Agustus 2021
August 10th | 2021

Hah, PPKM di perpanjang lagi? Yup benar banget nih Stars. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 ini telah resmi diperpanjang oleh pemerintah. Bukan hanya Level 4, melainkan juga Level 3 dan 2. Kabarnya perpanjangan PPKM level 4, 3, dan 2 ini akan dilaksanakan pada 10-16 Agustus 2021.

"Atas arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, maka PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021," ujar Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Senin (9/8/2021) malam WIB.

Luhut juga menyatakan bahwa, perpanjangan dari PPKM ini didasari oleh hasil positif dari penerapan PPKM periode sebelumnya. Ia juga memaparkan tren kasus COVID-19, yang mengalami penurunan sebesar 59,6 persen di Jawa-Bali dari puncak kasus pada 15 Juli 2021.

Disamping itu, dilansir dari Kompas.com, adapun sejumlah peraturan yang berbeda dari PPKM sebelumnya. Pertama tentang uji pembukaan mal atau pusat perbelanjaan di wilayah PPKM Level 4 yang akan dilakukan dengan implementasi protokol kesehatan ketat.

"Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal akan dilakukan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang," jelas Luhut.

Luhut juga menyampaikan, mal di empat wilayah tersebut akan dibuka dengan kapasitas 25 persen selama sepekan ke depan. Namun, pengunjung yang dapat memasuki mal hanya yang sudah melakukan vaksinasi dengan menunjukan bukti yang ada pada aplikasi PeduliLindungi.

Sementara itu, anak yang masih berusia dibawah 12 tahun dan lebih dari 70 tahun tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam mal atau pusat perbelanjaan.

Selain mal atau pusat perbelanjaan, penyesuaian aturan Level 4 juga berlaku untuk tempat ibadah. Luhut mengatakan, pada perpanjanngan kali ini kabupaten atau kota di wilayah level 4 dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang.

Stars! Walaupun PPKM diperpanjang lagi, kalian harus tetap semangat dan selalu patuhi protokol kesehatan ya.


(C)

Sumber foto: Kompas.com 

Share This