Star Radio - Potret 'Meteor' Jatuh di Kawasan Gunung Merapi
Lifestyle
Potret 'Meteor' Jatuh di Kawasan Gunung Merapi
May 29th | 2021

Hallo Stars!

Kemarin (28/5), netizen diramaikan sama sebuah foto berupa cahaya di atas langit Gunung Merapi. Foto ini sontak menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen, karena diduga sebagai meteor jatuh.

Tapi ada juga loh netizen yang bergurau kalau cahaya ini sebenernya UFO. Ada juga yang mengaitkan fenomena ini sama film animasi Jepang yang berjudul “Kimi No Nawa”. Seperti yang dicuitkan sama akun Twitter @tautaumuncul, “Kimi no namae wa? Mulyadi”. Kira-kira, cahaya yang dipotret itu apa ya, Stars?

Nah, foto cahaya ini diambil sama Gunarto Song dan diunggah sama akun Twitter @merapi_uncover. Di foto tersebut, kita dapat lihat ada secercah cahaya yang menyerupai biru kehijauan. Dilansir dari akun @merapi_uncover, cahaya yang katanya meteor ini jatuh tepat di puncak Gunung Merapi, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta.

Potret ‘meteor’ ini juga kelihatan kontras dengan langit gelapnya karena memang diambil saat malam hari, jadi cahaya tersebut gak samar-samar dan justru terlihat jelas.

Dilansir dari kompas.com, Gunarto Song selaku pemotret ‘meteor’ tersebut bilang kalau cahaya yang dia lihat sangat cepat dan terang. Foto yang diambilnya lantas diklarifikasi sama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Menurut Pak Emmanuel Sungging, selaku peneliti, bilang kalau cahaya yang tertangkap kamera Gunarto Song kemungkinan besar adalah sebuah meteor. Warna biru kehijauan yang ditampilkan sama cahaya tersebut menandakan kalau meteor itu punya kandungan magnesium.

Tuh, jadi bukan film “Kimi No Nawa” apalagi UFO ya, Stars! 

(APA)

Sumber foto: Gunarto_song via Twitter @merapi_uncover

Share This