Star Radio - Peringati Wafat Ayah Presiden Korea Utara Kim Jong-Un, Warga Dilarang Tertawa Selama 11 Hari
Lifestyle
Peringati Wafat Ayah Presiden Korea Utara Kim Jong-Un, Warga Dilarang Tertawa Selama 11 Hari
December 17th | 2021

Presiden korea utara Kim Jong-Un mempengirati 10 tahun wafat ayahnya kim jong-il. Pemerintahan Kim Jong-un melarang warga melakukan kegiatan yang merusak suasana duka, termasuk tertawa.

Seorang warga Korut di Kota Sinuiju yang enggan diungkap identitasnya bercerita kepada Radio Free Asia mengenai penerapan aturan selama masa berkabung ini.

"Selama masa berkabung, kami tidak boleh minum alkohol, tertawa, atau melakukan aktivitas bersenang-senang," ujar warga itu.

Kemudian ia juga bercerita, Pemerintah Korut biasanya mengawasi pergerakan warga selama masa berkabung ini dengan ketat. Ia juga menambahkan kalau dimasa lalu, banyak warga yang tertangkap karena melanggar masa berkabung. mereka pun ditangkap dan dianggap sebagai pelaku kejahatan ideologi, lalu mereka tak pernah terlihat lagi.

Sementara itu, untuk membangun suasana berkabung, kepolisian sudah melakukan persiapan sejak awal Bulan Desember. Kepolisian diperintahkan untuk langsung menindak warga yang bergelagat bakal melanggar aturan.

"Dari hari pertama Desember, mereka sudah harus menindak warga yang merusak suasana duka. Itu tugas khusus mereka selama sebulan. Saya dengar, aparat penegak hukum tak bisa tidur sama sekali," tuturnya.

Kemudian, untuk menjaga suasana duka, warga juga dilarang berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pemerintah pun memerintahkan perusahaan-perusahaan milik negara untuk mengurus orang-orang kelaparan selama masa berkabung itu.

Sebagai informasi, Kim Jong Il adalah ayah dari Kim Jong Un. Ia memerintah sejak ayahnya Kim Il Sung meninggal pada 1994 hingga 2011. Setelah Kim Jong Il meninggal, dia digantikan oleh anaknya Kim Jong Un hingga sekarang.

Pemerintahan Kim Jong Il merupakan salah satu periode tergelap dalam sejarah Korea Utara. Terjadi bencana kelaparan pada 1994-1998, yang menewaskan jutaan warga negara itu.

 

 

(FSA)

Sumber foto: pinterest

Share This