Star Radio - Penyanyi Senior Koes Hendratmo Tutup Usia
Music
Penyanyi Senior Koes Hendratmo Tutup Usia
September 7th | 2021

Penyanyi senior Koes Hendratmo meninggal dunia di usia ke-79, Selasa (7/9/2021). Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh manajer Bonita, anak dari Koes Hendratmo.

“Betul mba, ayahnya mba Bonita (Koes Hendratmo) meninggal," ujar Nia, manajer Bonita, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Mengenai penyebab kepergian sang ayah, Nia mengungkapkan kemungkinan penybab meninggalnya Koes.  

"Kemungkinan meninggal karena jantung. Beliau memang punya riwayat penyakit jantung" sambung Nia.

Disamping itu, salah satu penyanyi legendaris Tanah Air ini telah melahirkan sejumlah album studio, di antaranya Lambaian Bunga (1959), Sansaro (1968), Wanita Wanita (1970), Pop Batak Legendaris (2000), dan My Love for You (2011).

Selain karier musik, pria kelahiran Kediri, 9 Februari 1943, ini juga dikenal sebagai pembawa acara, baik di televisi maupun off-air pernah ia perankan.

Salah satu acara televisi yang telah menaikan namanya adalah kuis Berpacu Dalam Melodi, dimana peserta menebak judul lagu yang dimainkan dalam acara.

Selain itu, Koes Hendratmo juga menjadi salah satu penyanyi yang sangat peduli dengan nasib para pelaku seni.

Dilansir dari Kompas, sebelumnya, ia pernah aktif sebagai Ketua Prisindo, yakni sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bertujuan guna melindungi hak-hak para pelaku seni dengan mengelola, mengumpulkan, sekaligus mendistribusikan royalti kepada para pemusik.

"Ya ini kerjaan kita, perjuangin hak para seniman. Baik yang sudah meninggal, baik yang sedang melangit di negeri ini. Itu yang kita perjuangkan," ucap Koes, dikutip dalam wawancara Kompas.com pada 2017.

Koes Hendratmo turut memperjuangkan masalah royalti musik para pelaku seni dengan tujuan  ingin para artis bisa hidup sejahtera.

"Koleksi royalti (para pelaku musik) adalah tanggung jawab. Saya ingin semua artis dan produser lebih sejahtera," tutupnya.

Kini, Koes telah pergi meninggalkan tiga orang anak, yang dua di antaranya mengikuti jejak  Koes di industri musik, yakni Anda Perdana dan Bonita.

 

(C)

Sumber foto: Tempo.co

Share This