Star Radio - Pemerintah Mulai Izinkan Konser Hingga Pernikahan Berskala Besar
Lifestyle
Pemerintah Mulai Izinkan Konser Hingga Pernikahan Berskala Besar
September 27th | 2021

Pengendalian Covid-19 yang mulai membaik ini membuat pemerintah mulai membuka kegiatan-kegiatan besar. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyebutkan bahwa pemberian izin kegiatan besar tersebut salah satunya bertujuan untuk memulihkan perekonomian negara, khususnya di sektor pariwisata.

Kegiatan berskala besar yang dimaksud adalah kegiatan yang melibatkan partisipan atau undangan dalam jumlah besar dan dari berbagai wilayah. Seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta maupun acara pernikahan besar. Kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2, serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Mempertimbangkan perlunya kita mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari COVID-19, pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” ujar Menteri Johnny.

Menurut Johnny dalam pedoman penyelenggaraan kegiatan besar era pandemi COVID19, terdapat 6 faktor risiko penularan yang harus dihindari saat kegiatan besar dilangsungkan, yakni:

  1. Kondisi kasus COVID-19 di daerah tempat kegiatan berlangsung.
  2. Potensi penularan selama kegiatan di tempat umum akibat jarak antar partisipan dan buruknya sirkulasi udara.
  3. Durasi kegiatan yang lama, risiko penularan semakin tinggi.
  4. Tata kelola kegiatan dalam ruangan dengan sirkulasi udara buruk, berpeluang lebih besar penularan.
  5. Jumlah partisipan yang banyak membuat potensi penularan semakin besar.
  6. Pelaku partisipan yang belum vaksinasi secara penuh dan tidak menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, dapat meningkatkan peluang penularan.

 

(SAC)

Sumber foto: Instagram.com/dhanipette

Share This