Star Radio - Pemerintah Menargetkan Vaksin Booster Bakal Dimulai 12 Januari 2022
Lifestyle
Pemerintah Menargetkan Vaksin Booster Bakal Dimulai 12 Januari 2022
December 31st | 2021

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto menargetkan Indonesia dapat memulai pemberian vaksin virus corona (Covid-19) dosis ketiga atau booster pada 12 Januari 2022 mendatang.

Adanya program booster ini diprioritaskan terlebih dahulu untuk golongan warga lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang akan diberikan secara gratis. Kemudian program booster ini nantinya akan dilanjutkan pada masyarakat umum non-PBI dengan skema berbayar.

“Program vaksinasi pemerintah dilakukan secara cepat dan kami berharap di awal Januari nanti, tanggal 12 Januari 2022 akan dimulai vaksinasi booster setelah mendapat masukan dari ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization),” ujarnya saat meninjau Program Vaksinasi Anak di Kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat, Jumat (31/12/3021).

Airlangga melanjutkan, program booster vaksin COVID-19 ini akan menggunakan dua skema. Pertama, pemberian vaksin homologous alias dosis vaksin 1-3 menggunakan platform dan merek yang sama, sementara pemberian lainnya menggunakan cara heterologous alias pemberian vaksin dosis ketiga berbeda dengan pemberian vaksin dosis 1 dan 2.

Menko Perekonomian itu menyebut, pemberian dua skema booster itu telah melalui rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Adapun izin penggunaan darurat (EUA) vaksin booster homologous ditargetkan dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada awal 2022.

"Dan Indonesia [vaksin] yang siap adalah, selain yang homologous, yang disiapkan untuk suntikan ketiga yaitu Pfizer, Moderna, Sinovac, dan Sinopharm," lanjut Airlangga

Sebagai catatan, dalam program vaksinasi dosis ketiga atau booster ini pemerintah menargetkan penerimanya dari kalangan usia lanjut atau lansia.

 

 

 

(FSA)

Sumber foto: google.com 

Share This