Star Radio - Pemerintah China Bakal Perketat Aturan Terkait Informasi Online dan Iklan Artis
Lifestyle
Pemerintah China Bakal Perketat Aturan Terkait Informasi Online dan Iklan Artis
November 23rd | 2021

Pemerintah China dikabarkan akan memperketat aturan terkait informasi online para artis. Aturan tersebut seperti penerbitan rincian informasi pribadi hingga penempatan iklan para artis di internet.

Dilansir dari Reuters pada Selasa (23/11/2021), Badan Ruang Siber China (CAC) memperketat aturan itu demi menciptakan lingkungan internet yang positif dan sehat bagi masyarakat.

Bukan hanya itu, mereka juga menilai pertumbuhan gosip dan aksi mengejar idola bisa berdampak buruk bagi nilai-nilai utama.

Menurut CAC, informasi pribadi artis seperti kehidupan sehari-hari, perjalanan liburan, preferensi minat, anggota keluarga tidak ditampilkan dalam tautan utama. Hal itu tertuang dalam Pasal 11 Peraturan tentang Tata Kelola Ekologis Konten Informasi Jaringan.

Mereka juga mengatur tentang iklan yang dibintangi artis, kerja sama merek, serta promosi komersial. CAC mengatur hal itu hanya boleh ditampilkan di bagian iklan yang telah diatur setiap platform situs web. Tulisan iklan juga harus dibuat menonjol.

Hal itu menjadi satu dari sekian banyak yang dilakukan pemerintah China dalam beberapa bulan terakhir dalam industri hiburan lokal.

Mereka telah bergerak dan membuat kebijakan untuk meredam hal-hal yang mereka nilai sebagai kekacauan budaya fandom atau penggemar selebriti di China. Mereka memerintahkan penyiar, platform online, hingga artis membantu mengekang fenomena itu.

 

(C)

Sumber foto: sindonews.com

Share This