Star Radio - Paralimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditutup, Indonesia di Peringkat 43
Lifestyle
Paralimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditutup, Indonesia di Peringkat 43
September 6th | 2021

Paralimpiade Tokyo 2020 resmi ditutup oleh Andrew Parsons  selaku Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC), setelah diundur setahun karena pandemi.

Upacara penutupan tersebut digelar di Stadio Nasional, Jepang, Minggu (5/9/2021) malam.

"Saya tidak menyangka perjalanan, pertandingan hampir selesai... Saya tidak ingin melakukan ini, tetapi sudah waktunya bagi saya untuk menyatakan Paralimpiade Tokyo 2020 ditutup," ujar Parsons.

Parsons mengatakan, selama 12 hari  para atlet telah membuka pemikiran, memberikan harapan, dan yang paling penting  "atlet mengubah kehidupan".

"Paralimpiade membantu mewujudkan mimpi banyak orang di Tokyo dan memberikan harapan bagi yang menonton di rumah," sambung Parsons.

Parsons berterima kasih kepada federasi internasional, ofisial dan atlet-atlet yang berpartisipasi, serta relawan yang membawa energi dalam penyelenggaraan Paralimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi kepada tim IPC, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Gubernur Tokyo Yuriko Koike dan Presiden panitia penyelenggara Tokyo Games, Seiko Hashimoto.

Tidak lupa, Parsons juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jepang yang membuat Paralimpiade Tokyo 2020 dapat digelar.

"Semua atlet Paralimpiade di seluruh dunia, sampai jumpa di Paris tiga tahun lagi," tutup Parsons.

Sebelum kaldron api ditutup sebagai simbol penutupan acara, Parsons menyerahkan bendera Paralimpiade kepada Wali Kota Paris Anne Hidalgo, yang akan menjadi tuan rumah Paralimpiade selanjutnya.

Kaldron api Paralimpiade Tokyo pun ditutup, disertai dengan penampilan kembang api yang menyala di atas stadion untuk terakhir kalinya.

Sementara itu, dalam Paralimpiade Tokyo 2020 ini Indonesia telah mengakhiri perlombaan dengan finis di peringkat 43, dengan meraih 2 medali emas, 3 medali perak, serta 4 medali perunggu.

Capaian tersebut telah melampaui apa yang ditargetkan oleh Komite Paralimpiade Nasional (NPC Indonesia).

Sebelumnya, NPC hanya menargetkan Indonesia finis di 60 besar serta meraih 1 medali emas. 

 

(C)

Sumber foto: Antaranews.com

Share This