Star Radio - Nyeri Punggung? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Lifestyle
Nyeri Punggung? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
July 23rd | 2019

Stars, apa kalian pernah merasakan nyeri pada bagian punggung? Nyeri punggung dapat dialami oleh siapa saja, bahkan anak-anak dan remaja. Biasanya dirasakan disekitar tulang belakang dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Pada beberapa kasus, pengidap merasa cukup kesakitan sehingga bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Rasa sakit punggung bisa muncul karena terdapat masalah pada salah satu bagian tulang-tulang yang menyatu dengan otot, tendon, ligamen, saraf, serta cakram sebagai bantalan peredam benturan.

Gangguan sakit punggung diderita sekitar 1 dari 8 orang, menurut data di Amerika. Kabar baiknya, sekitar 80-90 persen nyeri ini tidak berbahaya serta datang dan pergi. “Keluhan ini bisa membuat kita perlu istirahat beberapa hari, tapi biasanya nyeri punggung bawah dengan cepat membaik dan kita bisa beraktivitas lagi,” kata ahli bedah ortopedi Neel Anand seperti yang dilansir oleh Kompas.com.

Berikut ini beberapa hal lain yang bisa menyebabkan nyeri punggung:

1. Posisi tubuh yang salah saat mengangkat, membawa, menekan atau menarik sesuatu.

2. Berkendara dalam waktu lama atau dalam posisi membungkuk tanpa jeda.

3. Posisi duduk yang tidak benar.

4. Membalikkan badan secara tiba-tiba.

5. Peregangan tubuh yang salah dan berlebihan.

6. Gerakan yang  kurang baik dan dilakukan berulang-ulang dapat memicu otot bekerja secara berlebihan.

Cara-cara sederhana untuk meredakan nyeri punggung, adalah sebagai berikut:

1. Hindari posisi dan aktivitas yang memicu nyeri punggung. Berhentilah beraktivitas jika mendadak kambuh, karena jika dilanjutkan pasti akan memburuk. Jika perlu, gunakan obat pereda nyeri atau gunakan pendingin khusus (ice pack) untuk meredakannya.

2. Ketika nyerinya sudah mereda, lakukan peregangan sederhana untuk perut, punggung dan kaki. Latihan peregangan jika dilakukan dengan benar tidak hanya akan menuntaskan rasa nyeri tetapi juga mencegah cedera yang lebih parah pada otot punggung.

3. Setelah benar-benar sembuh dari nyeri, perlahan-lahan tingkatkan intensitas latihan. Karena jika otot-otot itu didiamkan, maka akan kehilangan kelenturan, kekuatan dan ketahanan sehingga mudah kumat ketika berhadapan dengan pemicunya.

4. Perhatikan posisi tidur. Saat punggungmu terasa sakit, baringkan badanmu dengan posisi lurus dan taruh bantal di bawah kedua lutut. Kemudian, gulunglah sebuah handuk dan letakkan handuk tersebut di bawah punggungmu.

5. Postur tubuh saat duduk maupun berdiri juga perlu diperhatikan untuk menghidari penumpukan beban di satu titik, yang akhirnya akan membebani punggung. Jangan membungkuk saat duduk maupun berdiri, karena berat badan tidak terdistribusi dengan baik.

6. Peregangan setiap pagi. Mulailah hari-hari dengan melakukan peregangan sewaktu masih berada di tempat tidur. Kalau kamu tiba-tiba bangkit berdiri, kamu dapat mengalami cedera punggung. Sebelum bangun, pelan-pelan regangkan lengan ke atas kepala, kemudian tarik lutut ke arah dada secara bergantian. Apabila kamu siap untuk duduk, bergulirlah ke sisi tempat tidur dan gunakan lenganmu untuk membantu mengangkat tubuh. Setelah berdiri letakkan tangan pada belakang tubuh lalu pekan-pelan condongkan tubuh ke belakang untuk meregangkan tulang punggung.

7. Sempatkan diri berjalan-jalan. Berjalan-jalan dapat menjaga kesehatan punggung dengan cara membuat seluruh tubuh tetap bugar. Kegiatan ini memperkuat otot-otot yang berfungsi membentuk pantat, kaki, punggung, dan perut. Berjalan-jalan yang agak cepat juga membantu tubuh mengeluarkan endorfin, hormon yang berfungsi meredakan nyeri. Berenang, bersepeda, dan berlari juga baik.

Kalau kamu masih merasakan nyeri pada punggung yang sering terasa. Ada baiknya untuk kamu mengonsultasikannya pada dokter. Karena tak jarang, nyeri pada punggung juga menandakan adanya penyakit yang lebih serius. Jadi, ayo Stars, lebih kenali dan sayangi tubuhmu! (nan)

Share This