Star Radio - Nonton Konser Musik Ternyata Menyehatkan Fisik dan Mental
Lifestyle
Nonton Konser Musik Ternyata Menyehatkan Fisik dan Mental
March 28th | 2018

Stars, Sebuah studi terkini menemukan bahwa nonton konser musik ternyata bisa membuat fisik dan mental seseorang lebih sehat dibanding melakukan yoga.

Kesimpulan ini didapat setelah para ahli menganalisis responden dengan memasang monitor detak jantung setelah para responden tersebut menjalani dua kegiatan berbeda. Kelompok pertama diminta menonton konser Paloma Faith, dan kelompok kedua diminta melakukan yoga atau mengajak anjing mereka jalan-jalan.

Dari pemeriksaan detak jantung sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, peneliti menemukan bahwa responden yang menonton konser memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dibanding responden lain yang menjalani yoga atau jalan-jalan dengan anjing peliharaan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan, suasana hati mereka yang nonton konser meningkat 21 persen. Sedangkan yang melakukan sesi yoga hanya 10 persen," ujar Patrick Fagan dari Goldsmith's University di London.

Lebih lanjut Fegan mengatakan, peningkatan suasana hati turut berpengaruh pada status kesehatan seseorang. Ia pun menyimpulkan bahwa menonton konser dua minggu sekali dapat menjadi salah satu resep menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan memperpanjang usia hingga satu dekade.

"Kami mengimbau mereka yang menyukai musik untuk menghadiri konser dua minggu sekali untuk mewujudkan kebahagiaan, kepuasan, produktivitas, dan harga diri mereka," tambah Fegan.

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan terhadap 2.000 orang dewasa juga menemukan bahwa dua pertiga orang Inggris mengatakan nonton konser musik membuat mereka merasa lebih bahagia daripada hanya mendengarkan musik di rumah.

Dan penyanyi yang paling mungkin untuk membuat responden merasa bahagia ketika mendengarkan musiknya adalah Ed Sheeran, diikuti oleh Phil Collins, dan almarhum George Michael.

Empat dari 10 responden mengatakan bahwa mereka sangat menyukai atmosfer dari menonton musik secara langsung, dan hampir 1 dari 10 orang menggambarkan pertunjukan konser musik sebagai sebuah 'pengalaman spiritual'.

Sandi Aji Saka, 2018

(https://www.suara.com/lifestyle/2018/03/28/091407/nonton-konser-musik-ternyata-menyehatkan-fisik-dan-mental)

Share This