Star Radio - Menteri Kesehatan Indonesia Umumkan Pasien Pertama Positif Covid-19 Varian Omicron
Lifestyle
Menteri Kesehatan Indonesia Umumkan Pasien Pertama Positif Covid-19 Varian Omicron
December 16th | 2021

Varian baru Covid-19 Omicron terdeteksi untuk yang pertama kali masuk Indonesia tersebut diumumkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menurut Budi, pasien pertama itu berada di Wisma Atlet Jakarta, kemarin Rabu (15/12) malam.  

Namun kini, menurut Budi di luar pasien Wisma Atlet, Kemenkes juga mendeteksi 5 orang probable atau yang diyakini sebagai suspek alias terduga Omicron.

"Di luar pasien [positif Omicron] ini, Kemenkes juga mendeteksi 5 orang probable Omicron," kata Budi kepada wartawan, Kamis (16/12). Dilansir dari CNNIndonesia.

"Dua kasus adalah WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat (AS) dan ini sedang diisolasi di Wisma Atlet," lanjutnya.

"Tiga kasus lainnya Warga Negara Asing (WNA) China (Tiongkok) di Manado dan sekarang sudah diisiolasi."

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa salah satu dari tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta positif Omicron setelah dilakukan Genome Sequencing.

"Kemenkes tadi malam mendeteksi ada seorang pasien N terkonfirmasi omicron pada tanggal 15 Desember," ujar Budi dalam siaran pers BNPB secara virtual, Kamis (16/12/2021).

Menurutnya, data tersebut sudah dikonfirmasi ke GISAID. Kemudian GISAID juga sudah mengonfirmasi bahwa data sequencing tersebut benar adalah omicron.

Sementara itu, Budi membeberkan N adalah pembersih di Wisma Atlet, Jakarta. Pada 8 Desember 2021, sample rutin diambil di wisma atlet kemudian dikirimkan ke Kemenkes untuk Whole Genome Sequences (WGS).

"Ketiga pasien ini dikarantina di Wisma atlet tanpa gejala, mereka sudah diambil PCR kedua dan hasilnya negatif semua," tegas Budi.

 

(FSA)

Sumber foto: Pinterest

Share This