Star Radio - Manfaat Rahasia Buah Nangka Yang Perlu Kamu Ketahui
Lifestyle
Manfaat Rahasia Buah Nangka Yang Perlu Kamu Ketahui
May 16th | 2019

Nangka adalah buah berdaging serat yang memiliki bau dan rasa yang khas. Buah ini umumnya dikonsumsi di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Sri Lanka, dan Bangladesh. daging buah nangka mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng.

Buah nangka bisa dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu. Keduanya tetap terasa enak dan bermanfaat untuk kesehatan. Layaknya pisang, nangka pun bisa dijadikan kudapan dengan digoreng bersama adonan tepung terlebih dahulu. Nangka mentah juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan, termasuk gudeg khas Yogyakarta.

Di balik rasa manisnya, nangka menyimpan aneka manfaat untuk kesehatan. Beragam manfaat berikut membuat kamu tak perlu mencari-cari alasan untuk tidak menambahkan nangka dalam diet harian. Berikut adalah beberapa manfaat nangka yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

1.      Sehat untuk jantung

Stars, kandungan potasium yang tinggi dalam buah nangka mampu memastikan keseimbangan sodium atau elektrolit yang berfungsi mengatur kadar air dalam tubuh. Jika kadar sodium terganggu, maka akan timbul kerusakan pada arteri dan jantung. Selain itu, potasium juga mengkoordinir fungsi otot, termasuk otot jantung, yang membuat jantung dapat berfungsi normal.

 

2.      Mencegah anemia

Saat tubuh kekurangan darah merah atau anemia, maka kamu akan merasa lemas dan letih yang dapat membuat kamu enggan untuk melakukan banyak aktivitas. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mendapatkan manfaat buah nangka guna mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh

 

3.      Meningkatkan sistem imunitas

Stars, karena kandungan vitamin C dalam jumlah yang tinggi dan antioksidan, manfaat nangka yang bisa didapatkan tubuh adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Perpaduan antara vitamin C dan antioksidan memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi.

 

4.      Kanker

Manfaat nangka selanjutnya adalah kemampuannya mengatasi kanker. Penyakit kanker sebenarnya bisa diobati hanya dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin. Hal ini dikarenakan buah nangka memiliki banyak antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien yang mampu mencegah stres oksidatif penyebab timbulnya sel kanker. Selain itu, vitamin C yang terkandung pada nangka juga mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegah kanker payudara. Jika semua zat dan nutrisi tersebut digabungkan, membuat nangka menjadi makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

 

5.      Baik untuk ibu hamil

Banyak orang yang beranggapan bahwa buah nangka sebaiknya dihindari ibu hamil karena bisa membuat keguguran. Namun, anggapan ini hanya mitos belaka dan belum ditemukan bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan tersebut. Nangka memiliki kandungan kaya akan vitamin B3 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur hormon dan mengendalikan tingkat stres pada ibu hamil.

 

6.      Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Buah nangka mengandung kalium yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 di dalam buah nangka akan membantu kamu mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung. Selain itu, buah nangka juga mengandung resveratrol yang memiliki efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, iskemia, dan hipertensi

 

Nah Stars, itulah beberapa manfaat nangka yang berguna untuk kesehatan tubuh. Perlu diketahui, selain daging buah dan daunnya, nyatanya biji nangka juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun, perlu diingat jangan makan berlebihan, sebab apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan

 

 

Ketty Dame, 2019 

Share This