Star Radio - Manfaat Mentimun untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Lifestyle
Manfaat Mentimun untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
April 18th | 2019

Mentimun merupakan jenis sayuran yang masuk ke dalam keluarga tanaman seperti labu dan semangka. Kandungan air pada sayuran mentimun sama seperti yang ada pada semangka​, yaitu terdiri dari 95 persen air, yang berarti mengkonsumsi ketimun pada hari musim panas, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Bagi masyarakat Indonesia, mentimun atau banyak orang menyebutnya dengan timun adalah buah yang umumnya tersedia sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar, atau salad. Meski dianggap sebagai pelengkap, buah yang memiliki nama latin ​Cucumis sativus ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk tubuh loh Stars. Apa saja sih manfaat mentimun yang berguna bagi kesehatan?

1.      Melindungi Otak

Stars, ternyata di dalam mentimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), zat tersebut, memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

 

2.      Menjaga kesehatan ginjal

Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan ​kalium​, dan memiliki kadar kalori yang rendah sehingga mampu membantu merangsang ginjal, untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak yang terdapat di dalam tubuh.

 

3.      Melindungi tulang

Mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen dari asupan harian yang disarankan untuk vitamin K. Nah Stars, Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang kita, karena asupan vitamin K yang rendah dapat mengakibatkan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang.

 

4.      Menghambat pertumbuhan sel kanker

Memiliki kandungan lignan dan cucurbitacun, ternyata berguna bagi kesehatan, khususnya untuk melindungi tubuh dari kanker. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, salah satu kandugan mentimun yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

 

5.      Membantu mengeluarkan racun dari tubuh

Mentimun memiliki sifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Yang biasanya dikenal sebagai ​detoksifikasi. Dengan begitu, akan semakin sering mendorong bakteri, racun-racun dan zat hasil metabolisme untuk keluar dari tubuh melalui urin. Tubuh pun akan jadi lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan racun.

 

Nahh Stars di atas adalah beberapa manfaat dari mentimun untuk kesehatan tubuh kita. Sering-sering makan mentimun yaa Stars, tapi ingat untuk tidak memakannya secara berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

Ketty Dame, 2019

Share This