Star Radio - Luhut Menilai Varian Delta Sulit Untuk Menciptakan Herd Immunity
Lifestyle
Luhut Menilai Varian Delta Sulit Untuk Menciptakan Herd Immunity
August 25th | 2021

Covid-19 semakin memiliki berbagai macam varian, salah satu varian yang sedang dibicarakan yaitu varian delta. Pemerintah dan masyarakat pastinya ingin pandemi ini agar segera berakhir, salah satu upaya agar kita bisa hidup seperti sedia kala adalah herd immunity. Tetapi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan strategi pemerintah sudah tidak lagi bicara mengenai kekebalan massal, atau herd immunity.

"Kita menghadapi satu varian delta sehingga susah untuk herd immunity, dan ini sudah dirumuskan oleh akademisi UI, UGM, Unair, karena reproduksi virus dari penularan delta 5 - 8 kali. Jadi tidak mungkin dicapai herd immunity," kata Luhut dilansir dari cnbcindonesia.com dalam Rakornas Apindo, Selasa (24/8/2021).

Selain itu, herd immunity juga tidak bisa dicapai karena tingkat efektivitas vaksin di Indonesia belum mampu menanggulangi varian delta secara penuh. Luhut juga menyebutkan bahwa semua varian vaksin masih memiliki tingkat efektivitas rata-rata 60% terhadap varian delta.

"Kita tidak mungkin herd immunity, karena vaksin yang ada efektivitasnya rata-rata hanya 60%, semua tidak ada yang bisa tahan (varian delta) sehingga target kita adalah pengendalian, bukan lagi strategi herd immunity," tambahnya.

Pemerintah Indonesia sudah semakin gencar dengan sosialisasi 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), hal tersebut dilakukan bukan tanpa tujuan melainkan agar Indonesia bisa segera pulih dari pandemi ini.

 

(SAC)

Sumber foto: Antaranews.com

Share This