Star Radio - Langit Cantik dan Penuh Bintang, Ada Fenomena Langit Sepanjang Bulan Mei
Lifestyle
Langit Cantik dan Penuh Bintang, Ada Fenomena Langit Sepanjang Bulan Mei
May 4th | 2021

Hallo Stars!

Bulan Mei tahun ini bakal banyak ditemenin sama fenomena langit yang cantik, loh! Hampir satu bulan penuh, ada tiga fenomena yang bisa lo saksikan di rumah masing-masing.

Pertama, ada Konjungsi Triple dari Bulan, Jupiter, dan Saturnus yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 6 Mei 2021. Di fenomena ini, ketiga benda planet—Bulan, Jupiter dan Saturnus—bakal ada di satu garis lurus. Buat lo yang mau liat fenomena ini, lo harus begadang ya karena cuma bisa dilihat dari jam 2 malam sampai 20 menit sebelum matahari dari arah Timur-Tenggara terbit. Oh iya, cuaca di malam hari juga harus cerah dan gak ada populasi supaya lo bisa nonton Konjungsi Triple dari Bulan, Jupiter, dan Saturnus ini.

Fenomena yang kedua ada Fase Perbani Akhir. Kalau kata Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional alias Lapan, fenomena ini bakal terjadi setelah bulan purnama dan ketika ada konfigurasi Matahari, Bumi, dan Bulan yang membentuk sudut 90 derajat. Fenomena ini bisa lo lihat dari sekitar jam 2 malam.

Terakhir, ada Hujan Meteor Eta Aquarid yang udah dimulai dari 19 April lalu. Fenomena ini bakal berlangsung sampai 28 Mei dan puncaknya terjadi tanggal 6 Mei nanti. Uniknya, fenomena hujan ini terjadi karena adanya sisa debu komet Holley—di mana komet itu cuma 76 kali mengorbit Matahari. Wah, langka banget ya, Stars! Lo bisa nonton hujan meteor Eta Aquarid ini dari sekitar jam 1 malam sampai Matahari terbit.

Nah, kayaknya fenomena langit di bulan Mei ini cocok buat Stars yang suka nongkrong malem, nih! Karena kebanyakan fenomenanya ada pas tengah malem, siap-siap begadang sambil nonton langit, ya.

Kira-kira lo bakal ajak siapa nih sambil nonton fenomena langit di bulan Mei, Stars?

(APA)

Sumber foto: Wisatalova

Share This