Star Radio - Lagu ini mengajarkan untuk menghargai hidup, Stars!
Music
Lagu ini mengajarkan untuk menghargai hidup, Stars!
May 11th | 2018

Hai Stars, dalam hidup kita sering dihadapkan dengan berbagai macam cobaan dan rintangan. Tak jarang kita merasa putus asa karena apa yang kita usahakan dan inginkan tidak sesuai dengan kenyataan yang kita dapat.

Hal ini yang biasanya membuat kita ingin menyerah dengan hidup. Disaat seperti inilah kita butuh sesuatu yang bisa menghibur dan membangkitkan kembali semangat untuk berusaha.

Nah, lagu-lagu ini wajib kamu dengar saat merasa ingin menyerah, karena lagu-lagu inilah yang akan mengajarkanmu apa arti pentingnya hidup.

1. BTS – TOMORROW

Lagu ini ditulis oleh Min Suga yang juga merupakan salah satu personel BTS. Lagu yang dirilis dalam album SKOOL LUV AFFAIR ini menceritakan tentang seseorang yang tidak tahu bagaimana cara untuk menemukan masa depannya, sehingga hari-harinya dilakukan tanpa tujuan sampai keputus asaan mulai dirasakan.

Namun walaupun begitu, didalam dirinya masih terselip harapan untuk bisa melihat secercah cahaya yang akan menuntunnya menuju mimpi yang sebenarnya bisa dia gapai. Selain itu, lagu ini juga mengajarkan kepada kita untuk tetap berusaha meski mimpi itu pernah hancur dan senantiasa mengingat perjuangan apa saja yang kita lakukan untuk sampai pada tahap ‘sukses’.

Hingga kita yang dulunya tanpa masa depan menjadi orang yang berguna. Uniknya, ada seorang A.R.M.Y. (sebutan untuk fans BTS) yang dulu sempat terpikir untuk mengakhiri hidupnya karena sulitnya kehidupan yang dia alami.

Namun, setelah mendengar lagu ini dia mendapatkan tujuan hidupnya sendiri dan mengurungkan niat untuk bunuh diri. Hal inilah yang membuatnya menjadi A.R.M.Y..

2. ONE DIRECTION - STORY OF MY LIFE

Sesuai dengan judulnya STORY OF MY LIFE (Kisah Hidupku), mengisahkan tentang perjalanan hidup member One Direction. Dimana mereka harus pergi tur atau konser yang mau tak mau membuat mereka jauh dari keluarga. Untuk melupakan rasa rindu pada keluarga, mereka mencoba untuk bersenang-senang.

Tetapi hal itu tidak bisa menggantikan keberadaan keluarga. Disaat itulah mereka flashback ketika mereka menjaga keluarga dan dan mengingat keluarga yang selalu menyayangi mereka walaupun mereka menyakitinya.

Nah, lagu ini memberikan pengajaran pada kita bahwa sesukses apapun keadaan yang kita raih saat ini, keluarga tetap yang paling penting.

Karena tanpa adanya keluarga yang selalu mendukung kita dengan ikhlas, maka kita tidak akan sukses sekeras apapun berusaha. Jadi, kita tidak boleh menyia-nyiakan keluarga.

3. COLD PLAY – FIX YOU

Fix You adalah sebuah lagu karya band kenamaan asal Inggris, Cold Play. Jika didengar sekilas lagu ini memang bikin galau, tapi siapa sangka dibalik liriknya yang agak galau ternyata lagu ini menyimpan makna yang mendalam.

Lagu ini terinspirasi dari kisah nyata yang pernah dilami oleh Chris Martin, sang vokalis sekaligus penulis lagu Fix You bersama seorang kekasihnya. Dimana saat itu kekasihnya tengah bersedih karena meninggalnya sang ayah. Chris Martin yang melihat kekasihnya bersedih pun menanyakan hal apa yang bisa dia lakukan untuk sang kekasih. Dan sang kekasih menjawab bahwa dia hanya butuh pelukan dan kehadiran Chris disampingnya, karena hal itulah satu-satunya yang bisa membuatnya lebih baik.

Nah, pelajaran yang bisa kita ambil dari lagu ini adalah bagaimanapun caranya kita harus berusaha sekuat mungkin untuk memberikan yang terbaik buat orang yang kita cintai walaupun balasan dari orang itu tidak sebesar apa yang kita beri.

Dalam lagu ini juga tersirat motivasi untuk selalu bergerak maju dan menjadikan masa lalu sebagai pelajaran hidup agar bisa lebih baik kedepannya.

4. DEMI LOVATO – SKYSCRAPER

Skyscraper adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh penyanyi kelahiran Amerika, Demi Lovato. Lagu ini terinspirasi dari sebuah gambar karya Apokalips, dimana saat dunia hancur, dan diantara gedung-gedung yang runtuh, satu gedung pencakar langit masih kokoh berdiri.

Lagu ini merupakan lagu penyemangat hidup yang mengisyaratkan bahwa sesakit apapun kita dihancurkan, dijatuhkan, ataupun dikuasai oleh cinta dan nafsu, kita harus tetap bertahan. Melalui lagu ini juga Demi Lovato menyampaikan pesan bahwa kita bisa bangkit seperti terbitnya matahari, kuat seperti gedung pencakar langit.

Bagi yang pernah disakiti hatinya ataupun yang memiliki masalah keluarga, kita tidak boleh lemah meskipun kita dihancurkan seperti gelas yang pecah. Setidaknya kita bisa bertahan dan menunjukkan bahwa kita mampu melalui masa kehancuran itu dan bangkit seperti ‘rising from the ground’.

Beni Saputro, 2018. (Vebma)

Share This