Star Radio - KURANGI KEBIASAAN MENGELUH YUK STARS!
Lifestyle
KURANGI KEBIASAAN MENGELUH YUK STARS!
February 22nd | 2019

Ayo ngaku, siapa nih yang sering ngeluh? Lalu, apa yang biasanya dikeluhkan Stars? Sadar atau tidak, hal-hal kecil yang terjadi disekitar bisa membuat kita sering mengeluh. Seperti kemacetan, teman-temen di kantor atau kampus, hingga keluarga di rumah.

Hati-hati ya Stars, terlalu sering mengeluh tidak baik untuk kesehatan kita lho. Selain itu, juga bisa menjauhkan kita dari cita-cita, karena membuat tidak produktif, bahkan mengunci mental kita untuk terus semangat.

So, bagaimana mengurangi kebiasaan mengeluh ini? Yang pertama, cobalah lihat hal yang kamu keluhkan dengan perspektif yang lebih luas lagi. Apakah hal tersebut akan berpengaruh terhadap lima menit, lima bulan, atau lima tahun kedepan? Cukup besarkah hal tersebut untuk dikeluhkan? Bila tidak berpengaruh, yuk bangkit lagi.

Yang kedua, lihatlah lebih dalam masalah yang membuatmu mengeluh. Apakah hal itu berpengaruh besar dalam hidupmu? Coba kamu luangkan waktu sekitar lima menit untuk mendalami keluhanmu. Setelah itu, kamu akan menyadari apa yang membuatmu kesal dan mengeluh itu sebenarnya tak seberapa dengan hal yang sedang kamu perjuangkan.

Yang ketiga, buatlah ini menjadi semacam permainan. Kamu bisa menggunakan benda seperti gelang karet. Setiap kali kamu menyadari dirimu mengeluh, pindahkan gelang tersebut ke sisi lain. Hal tersebut bisa membuat kita tidak terlarut-larut dengan masalah yang sedang dikeluhkan.

Dan yang terakhir, mulailah untuk bersyukur. Ingatlah setiap hari tentang hal-hal yang membuatmu bersyukur, tak peduli sekecil apapun itu. Dengan bersyukur, kita bisa mengalihkan perhatian untuk hal-hal yang lebih baik di sekitar kita.

Jadi gimana Stars, masih mau untuk mengeluh? Semoga hal tersebut bisa membantumu untuk tidak mengeluh lagi ya.

Nurmiati Istiqomah, 2019

Share This