Star Radio - Kupas Tuntas Lagu “Aisyah Istri Rasullulah”
Music
Kupas Tuntas Lagu “Aisyah Istri Rasullulah”
April 6th | 2020

Dunia musik saat ini sedang viral lagu yang berjudul “Aisyah Isteri Rasulullah” yang dicover banyak penyanyi seperti Sabyan, Syakir Daulany dan lainnhya. Cover lagu memang saat ini mejadi media untuk berkarya dan berkreasi. Dengan kata “cover” sepertinya cukup untuk menghindar dari aturan hak cipta.

Yang menarik, seluk beluk lagu itu ternyata adalah kreasi ganti lirik dari lagu yang sudah dirilis 2 tahun lalu oleh grup band dari Malaysia bernama Project Band dengan judul “Aisyah Satu Dua Tiga Cinta Kamu”. Dalam lagu ini terdapat lirik kata-kata Aisyah.

Lagu yang awalnya tentang ungkapan seseorang yang jatuh cinta kepada seorang perempuan bernama Aisyah. Lalu diubah liriknya oleh youtuber asal Malaysia Mr. Bie dan diunggah ke channel youtubenya. Mr. Bie memang dikenal hobi merubah lirik lagu dengan ciptaannya sendiri.

Karya Mr. Bie yang trending di beberapa media terutama di youtube dalam 1 hari sampai 13 tending dengan konten yang sama yakni cover lagu Aisyah.

Setelah 2 tahun, viral di Indonesia

Mengubah lirik lagu sepertinya bukan hal yang baru di dunia musik. Tidak sedikit yang terkenal setelah lagunya viral dan beberapa bulan kemudia baru terungkap bawa lagu itu diambil dari lagu lain, hanya mengubah liriknya saja.

Sebut saja, Raja Dangdut Rhoma Irama, beberapa lagunya juga ternyata diambil dari lagu India seperti lagu “Pujangga”, “Oh…Sahiba” dan lainnya. Namun tentu karya original justru lebih banyak disbanding gubahan lagu lain. Tentu karyanya diapresiasi oleh masyarakat Indonesia karena menginspirasi.

Lagu pop atau dangdut juga ternyata ada yang mengubah lagu lain dan terungkap setelah berkembangnya media youtube. Ada lagu dangdut yang plagiat dari lagu lagu barat.

Plagiasi ini masih menjadi idola masyarakat Indonesia, karya originapun seringkali kalah rating dengan lagu cover. Apa mungkin plagiasi karya itu sama dengan merubah lirik dari lagu lain? Kalau iya, berarti kreatifitas seseorang berkurang bahkan cenderung mentok hanya cari lagu lain yang hanya dipoles dengan lirik lain.

Dalam sebuah usaha memang kalau ingin sukses harus mencoba ATM alias Amati Tiru Modifikasi. Mungkin si pengubah lagu mengambil teori ini. Amati lagunya, tiru nadanya dan modifikasi dengan ubah liriknya.

Seorang pencipta lagu semestinya harus lebih dihargai karya-karyanya. Undang-undang Hak cipta perlu diperketat lagi dengan perlindungan kepada pencipta lagu agar mendapatkan hak dari karyanya.

 

 

 

Nah star, daripada kita menjadi plagiat mending kita mengcover aja dari ciptaan orang lain. Kita harus tetap menghargai ciptaan oran lain ya stars!!!

 

--

Steven Sung

Share This