Star Radio - Koki Pencipta Tiramisu, Ado Campeol Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun
Lifestyle
Koki Pencipta Tiramisu, Ado Campeol Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun
November 1st | 2021

Pemilik restoran Italia sekaligus pencipta tiramisu, Ado Campeol meninggal dunia di usia 93 tahun.

Dilansir dari BBC pada Minggu (31/10/2021), Ado Campeol dikabarkan telah meninggal dunia pada usia 93 tahun. Ia adalah pemilik dari restoran bernama Le Beccherie yang berlokasi di Treviso, Italia Utara.

Luca Zaia, presiden wilayah Veneto Italia, tempat bekas restoran Campeol, Le Beccherie, Treviso, juga turut mengucapkan belasungkawa kepada anggota keluarga yang ditinggalkan.

"Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada semua anggota keluarga," kata Zaia melalui akun Facebook pribadinya.

Pada tahun 1972, tiramisu ditambahkan ke menu Le Beccherie, tetapi tak pernah dipatenkan oleh keluarga tersebut. Sejak itulah tiramisu menjadi hidangan khas Italia. Dessert lezat ini kemudian populer dan diadaptasi oleh chef yang ada di seluruh dunia.

Pada awalnya, kemunculan tiramisu ini cukup mengundang perselisihan. Ada yang mengklaim bahwa tiramisu disajikan sebagai hidangan afrodisiak di sebuah rumah bordil di kota Trevisio, Italia Utara. Namun, resep itu diterima secara luas dan dikembangkan di restoran milik Campeol.

Le Beccherie sendiri telah dibuka oleh keluarga Campeol pada tahun 1939 silam. Kemudian, Campeol mengambil alih bisnis ini pada akhir Perang Dunia Kedua.

Campeol tak seorang diri meracik tiramisu tersebut. Ada bantuan dari tangan sang istri dan seorang chef brnama Roberto Linguanotto. Dimana menurut Linguanotto, tiramis teruat dari hasil kecelakaan saat membuat es krim vanila.

Tiramisu berasal dari bahasa Italia yang berarti 'pick me up.' Makanan penutup mulut ini dikenal karena paduan teksturnya yang renyah dari biskuit lady fingers yang dicelup kopi dan lembut dari lapisan krim keju mascarpone yang gurih. Tak lupa di atasnya ditambahkan bubuk cokelat sebagai pemanis. Makanan ini disajikan dalam keadaan dingin sebagai makanan pencuci mulut. 

 

(C)

Sumber foto: merdeka.com

Share This