Star Radio - Kamu Suka Makan Oatmeal? Hati-hati Asam Urat!
Lifestyle
Kamu Suka Makan Oatmeal? Hati-hati Asam Urat!
November 8th | 2019

Staradio1073fm.com – Stars, kamu suka mengkonsumsi oatmeal? Makanan satu ini memang dipercaya dapat membantu program diet karena mengandung serat yang tinggi. Namun ternyata, oatmeal dapat meningkatkan resiko asam urat jika dikonsumsi terlalu sering.

Dilansir dari Dreamers.id, asam urat merupakan radang sendi yang ditandai dengan rasa nyeri yang menyerang tiba-tiba disertai pembengkakan dan kemerahan di bagian persendian. Umumnya asam urat terjadi karena adanya pembentukan kristal asam urat di persendian akibat kadar purin yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Dalam keadaan normal, tubuh secara alami akan menghasilkan asam urat untuk mengurai zat purin dan keduanya akan dikeluarkan melalui urin. Namun, dalam keadaan tidak normal, purin dan asam urat tidak bisa dikeluarkan secara maksimal lewat urin. Hal ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada ginjal.

Oatmeal mengandung zat purin yang relatif tinggi, yaitu sekitar 50 hingga 150 mg pada setiap 100 gram oatmeal hal ini menjadikan oatmeal sebagai salah satu makanan yang harus diwaspadai oleh para penderita asam urat.

Tapi enggak perlu khawatir, Stars. Kamu masih bisa mengkonsusi Oatmeal setidaknya dua kali dalam satu minggu, untuk mengurangi resiko asam urat.

(nya)

 

Share This