Star Radio - Jokowi Pakai Baju Adat Baduy Di Sidang MPR 2021
Lifestyle
Jokowi Pakai Baju Adat Baduy Di Sidang MPR 2021
August 16th | 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat khas suku Baduy di Sidang Tahunan MPR 2021. Jokowi tampak memakai telekung, baju kutung, dan tas selempang. Telekung adalah ikat kepala, kadang disebut 'koncer' atau 'roma'. Ikat kepala ini merupakan hasil tenun masyarakat Baduy. Kutung adalah baju putih berlengan panjang tanpa kerah, juga disebut 'jamang sangsang'.

Namun, yang dipakai Jokowi adalah baju berwarna biru. Tas yang dikenakan Presiden Jokowi terbuat dari kulit kayu pohon terep. Tas yang disebut "koja" atau "jarog" ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Suku Baduy.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Baduy. Saya suka karena desainnya yang sederhana, simpel, dan nyaman dipakai," kata Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2021 seperti disiarkan secara virtual, Senin (16/8/2021). Pakaian adat Baduy ini menyiratkan banyak hal. Terlebih mengenai kesederhanaan dalam suasana pandemi dan refleksi diri (muhasabah) atau olah batin (tirakat) di tengah hiruk pikuknya zaman.

Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat. Ma'ruf Amin akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pidato kenegaraan Presiden Jokowi itu akan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden dan saluran TV nasional. Siaran langsung pidato pertama akan dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB, Senin (16/8/2021).

 

(SAC)

Sumber foto: Detik.com

Share This