Star Radio - Jangan Terlalu Sering Begadang, Berikut Dampak Dari Insomnia
Lifestyle
Jangan Terlalu Sering Begadang, Berikut Dampak Dari Insomnia
August 23rd | 2019

Tangerang, staradio1073fm.com – Seringkali banyak yang mengalami insomnia, karena tugas atau karena bermain ponsel atau bahkan bukan karena apa-apa tapi tiba-tiba tidak bisa tidur. Mungkin setelah mengetahui dampak dari insomnia, kamu akan berpikir ulang untuk begadang. Dilansir dari beberapa sumber, berikut dampak dari insomnia.

1. Daya Ingat Menurun

Saat tubuh tertidur, otak kamu memproduksi gelombang otak yang mempertahankan ingatan. Jadi, otak dapat mengalami kesulitan untuk memproses dan menyimpan informasi saat tidak cukup istirahat. Kamu pasti tidak mau kan, Stars?

2. Sulit Konsentrasi

Insomnia juga dikenal berdampak buruk bagi fungsi kognitif. Contohnya, menjadi sulit berkonsentrasi sehingga meningkatkan risiko kecelakaan saat mengemudi. Kurang tidur juga membuat otak terasa lelah yang membuat seseorang tak mampu berpikir dengan baik

3. Meningkatkan Kecemasan

Insomnia membuat seseorang lebih mudah cemas atau khawatir terhadap sesuatu. Akibat kurang tidur, hormon kortisol yang dikenal dengan hormon stres akan semakin meningkat. Detak jantung dan tekanan darah tinggi juga meningkat. Mengatasi stres bisa menjadi salah satu cara mencegah insomnia.

4. Marah Tanpa Alasan

Menurut ahli gangguan tidur, Profesor Throne, kurang tidur benar-benar dapat mempengaruhi kesehatan otak. Penelitian menunjukkan, orang yang insomnia cenderung akan sangat sensitif sehingga mudah marah dengan hal-hal yang sepele, dan suasana hatinya kurang positif. Menurut beberapa ilmuwan, kondisi itu terjadi karena kurang tidur mempengaruhi amigdala, bagian otak yang terkait dengan emosi.

Jadi, Stars, setelah mengetahui dampak buruk dari insomnia, apakah kamu masih ingin begadang dan merusak dirimu sendiri?

Share This