Star Radio - Jangan Berlebihan Minum Kopi ketika Menstruasi, Ini Dampaknya
Lifestyle
Jangan Berlebihan Minum Kopi ketika Menstruasi, Ini Dampaknya
December 3rd | 2019

Stars, berjuang setiap bulannya saat menstruasi tiba. Apalagi saat kram datang menyerang yang dapat mengakibatkan mood menjadi buruk dan itu sangat mengganggu hari-harimu bukan?

Rasa sakit yang berdenyut-denyut dan kram di bawah perut bagian bawah ketika tengah menstruasi disebabkan karena kontraksi otot. Nah salah satu kesengsaraan besar yang biasa dirasakan akibat perut kram adalah sakit kepala, hal itu dapat timbul akibat perubahan drastis pada hormon kamu.

Untuk menghilangkan rasa sakit itu banyak orang yang memilih untuk meminum kopi, namun itu merupakan keputusan yang salah. Malah yang terjadi adalah kopi akan memperburuk rasa sakit yang dialami.

Kurangi minum kopi

Tips saat menstruasi adalah kurangi minum kopi, lebih baik lagi jika tidak minum kopi pada periode ini. Kopi memang dapat meringankan rasa sakit yang kamu rasakan (baik fisik dan emosional), namun para ahli kesehatan dan dokter lebih menyarankan untuk menghindari minum kopi ketika sedang menstruasi.

Itu karena, kandungan kafein dalam kopi atau bahkan menyebabkan kram menjadi lebih berkembang, karena sifat diuretiknya yang dapat meningkatkan produksi urin dan memicu  dehidrasi. Kecemasan menjadi salah satu penyebab utama kram otot, maka dari itu kamu harus menghindari untuk mengkonsumsi kopi saat kamu sedang menstruasi.

Kopi dapat mengacaukan hormon

Studi menegaskan ketika minum kopi, terutama selama siklus menstruasi dapat merangsang produksi hormon berlebih. Meskipun kopi dapat membantu dalam melawan kelelahan, namun kopi dapat mengaktifkan hormon stres dan meningkatkan kadar kortisol.

Satu atau dua gelas kopi sehari

Menurut penelitian satu atau dua gelas kopi sehari itu tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika minum lebih dari dua kali maka itu akan berdampak buruk pada tubuhmu, apalagi saat menstruasi. Sebab kafein bertindak sebagai pencahar dengan meningkatkan kontraksi pada otot-otot usus kecil dan besar, menyebabkan makanan yang telah dicerna untuk pindah ke usus, yang dapat memicu lambung.

Jika tidak bisa menghindari kafein saat masa menstruasi, berikut beberapa alternatif kafein yang bisa kamu coba saat menstruasi. Dalam sepekan, cobalah untuk beralih dari dosis kafein harian kamu seperti yang tertera di bawah ini :

1. Awali harimu dengan mengkonsumsi apel.

2. Minum air dingin di pagi hari.

3. Makan cemilan sehat untuk meningkatkan energimu.

4. Minum vitamin B.

5. Minum smoothies penyimbang hormon.

Beberapa cara lain untuk mengatasi kram adalah dengan minum banyak air, smoothie sayuran, teh jahe, teh chamomile dan teh peppermint. Demikian dilansir dalam Boldsky

Nah stars buat kamu yang lagi mestruasi kurangi minum kopi yaa!

(joseph.s.eluama/11/2019)

Share This