Star Radio - Jangan Abaikan Catcalling Ya Stars, Pelecehan Seksual Ini Masih Kerap Dianggap Bahan Bercandaan
Lifestyle
Jangan Abaikan Catcalling Ya Stars, Pelecehan Seksual Ini Masih Kerap Dianggap Bahan Bercandaan
August 27th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm – Stars, Ketika sedang berjalan, pernahkah kamu digoda orang tak dikenal dengan cara bersiul, memanggil atau melambai? Hati-hati lho Stars, karena itu merupakan bentuk pelecehan seksual secara verbal atau biasa disebut catcalling.

Walau terlihat sepele, catcalling yang sering terjadi di lingkungan sekitar menimbulkan gangguan psikologis terhadap korban.

Korban catcalling akan mengalami trauma psikologis. Korban biasanya merasa kurang aman berada di tempat umum sehingga cenderung membatasi diri dan menyebabkan gangguan emosional. Perilaku membatasi diri yang dilakukan korban misalnya dengan mengubah penampilan.

Dilansir dari Kompasiana, di Indonesia kasus catcalling ini masih kurang dianggap serius oleh pemerintah, hingga peraturannya pun tidak ada. Catcalling berada pada tindakan pelecehan seksual verbal yang masih jauh dari kata perbuatan keji ataupun kekerasan, namun istilah kesopanan dan kesusilaan ini juga belum diatur oleh KHUP.

Pria yang cenderung menganggap hal tersebut sebagai bahan bercanda tanpa memikirkan korbannya merasa dirugikan. Kebanyakan orang juga menyalahkan pakaian atau penampilan wanita sebagai pemicu terjadinya kekerasan seksual.

Lalu apa yang harus dilakukan ya Stars, apabila hal tersebut terjadi disekitar kamu?

Pertama, Lempar tatapan tak suka agar sang pelaku mengerti kalau Anda tidak nyaman.
Kedua, Anda juga bisa menasihati si pelaku supaya sadar perilakunya salah.
Ketiga, Jika perlu Anda bisa berteriak agar si pelaku menjadi perhatian publik. 

Nah itu dia Stars yang harus kamu lakukan apabila melihat catcalling tersebut terjadi disekitar kamu. Ingat, jangan berikan ruang kepada pelaku untuk mengembangkan tindak kejahatannya. Semoga cara tersebut bermanfaat ya Stars.

Mia Permatasari, 2019

Share This