Star Radio - Istilah Dalam Perfilman Yang Jarang Orang Ketahui
Movie & Cinema
Istilah Dalam Perfilman Yang Jarang Orang Ketahui
November 8th | 2018

Stars.. Prnah gak sih saat ngomongin film sama temen kamu, kamu gak ngerti istilah-istilahnya? Wah pasti jadi malu banget ya Stars, apalagi jadi gak bisa dilanjutin deh tuh topiknya. Kalau kamu pernah mengalami hal tersebut, berarti istilah-istilah dalam dunia ini wajib banget buat kamu tau.


1. Sekuel 


Sekuel itu berarti kontinuitas cerita dari sebuah film yang pernah dibuat sebelumnya Stars. Contohnya seperti Transformer 2 merupakan sekuel cerita dari Transformer yang pertama. Namun sekuel tidak harus selalu kelanjutan dari filmnya juga lho. Yang penting judul, tokoh dan asal usulnya masih satu benang merah dengan film pendahulunya.


2. Prekuel


Beda dengan sekuel, kalau prekuel ini adalah kebalikannya Stars. Prekuel merupakan cerita asal usul kejadian film yang sebelumnya. Contohnya seperti film Monster University yang menceritakan kejadian sebelum terjadinya Monster Inc. Kemudian ada juga contoh lainnya, seperti film Trilogi The Hobbit yang menceritakan kejadian di masa sebelum Lord of the Ring.


3. Remake


Remake itu artinya dibuat ulang Stars. Jadi, sebuah film yang di-remake itu adalah penceritaan kembali sebuah film baik dirombak total atau sama dengan aslinya, namun tetap memiliki benang merah dengan film sebelumnya. Contohnya Internal Affairs, yang dibuat ulang menjadi The Departed.


4. Reboot


Sebenernya istilah reboot dalam dunia film gak jauh beda artinya dengan remake Stars, namun kalau reboot itu biasanya gak akan beda cerita dalam pembuatannya. Jadi cuma diproduksi ulang untuk menghidupkan karakter dengan kondisi yang lebih fresh sesuai dengan perkembangan zaman. Contohnya seperti film Fantastic Four ataupun Hitman Agent 47.


5. Spin Off


Spin off merupakan film yang dibuat untuk secara khusus menceritakan suatu kejadian sebuah karakter, yang memiliki fanbase sendiri Stars. Singkatnya Spin off ini adalah film pribadi seorang karakter yang memiliki perhatian yang besar dalam dunia perfilman. Contohnya seperti X-Men Origins : Wolverine dan Minions.


6. Twist


Twist didalam sebuah film itu adalah sebuah ending atau alur cerita yang tidak terduga oleh penonton dan biasanya juga tidak mempunyai clue atau hint  sama sekali di cerita sebelumnya.


7. Trilogy


Kalau trilogi merupakan film yang dibuat hanya sampai 3 bagian saja dan tidak ada kelanjutannya lagi Stars. Contohnya seperti Batman, Spiderman, Lord of The Ring dan The Hobbit.


Gimana Stars, sekarang kamu jadi tau kan istilah-istilah dalam dunia film?


Mangala Pratama , 2018

Share This