Star Radio - Ini Respon Iqbaal Terhadap Klasifikasi Usia yang Diberikan Oleh LSF untuk 'Bumi Manusia'
Movie & Cinema
Ini Respon Iqbaal Terhadap Klasifikasi Usia yang Diberikan Oleh LSF untuk 'Bumi Manusia'
August 14th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm.com – Film 'Bumi Manusia' yang diadaptasi dari novel sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer yang akan tayang pada 15 Agustus 2019 mendatang mendapatkan klasifikasi usia 17 tahun ke atas atau 17+ oleh Lembaga Sensor Film (LSF).

Iqbaal Ramadhan alias Minkeu, sebagai pemeran utama dari film tersebut pun memberikan respon terhadap klasifikasi usia yang diberikan untuk film yang ia mainkan tersebut.

"Inikan kebijakan yang sudah dilakukan sama sensor film di Indonesia, dan sudah diapprove sama production house. Kalau ditanya pendapat pribadinya, gue pasti respect aja," ujar pria kelahiran tahun 1999 itu usai menghadiri Celebriti Spesial Screening Film 'Bumi Manusia' di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

"Karena bukunya memang juga berat, ya. Semua yang nonton film ini bisa mendapatkan esensi sepenuhnya dalam bukunya. Kalau kami memaksakan demi jumlah penonton, demi kepuasan penonton lalu rating-nya diturunkan ke 13 tahun, gue takutnya gue malah mengecewakan Pram dan keluarganya," lanjut Iqbaal. 

Iqbaal Ramadhan juga mengatakan bahwa ia akan membantu menjelaskan perihal mengapa film 'Bumi Manusia' mendapat klasifikasi usia 17 tahun ke atas, dan ia yakin bahwa film tersebut akan tetap ada yang menontonnya karena memiliki pasar tersendiri. Iqbaal percaya bahwa ini yang terbaik karena pasar pun bisa dibentuk.

"Gue rasa kenapa alasannya 17 tahun ke atas sudah jelas sih. Bukan karena kami mencoba membatasi, kami memang berharap 13 ke atas, tapi kita juga tidak memaksa dan ikut aja," tutur Iqbaal.

Nah, Stars. Kira-kira siapa nih yang udah gak sabar nonton 'Bumi Manusia'?

 

(bil)

Share This