Star Radio - Indonesia Mulai Produksi Mobil Listrik Pada Maret 2022
Lifestyle
Indonesia Mulai Produksi Mobil Listrik Pada Maret 2022
November 26th | 2021

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia melalui pabrik Hyundai bakal memproduksi mobil listrik mulai Maret 2022.

Produksi tersebut nantinya tidak hanya mengisi kebutuhan dalam negeri, melainkan 50 persen hasil produksi akan diekspor ke luar negeri.

Mantan Menteri Perindustrian ini menjelaskan, produksi mobil listrik yang dimulai tahun depan usai Hyundai berinvestasi sebesar 1,55 miliar dollar AS untuk membangun Indonesia menjadi hub mobil listrik.

Airlangga berujar, pemerintah Indonesia akan terus mendorong perusahaan-perusahaan Korea Selatan untuk mengembangkan usaha dan investasi di Indonesia.

Adapun selain berinvestasi, Hyundai Motor Indonesia (HMID) selaku perwakilan Hyundai Motor Company di memberikan dukungan operasional berupa 42 unit Electric Vehicle (EV) mobil listrik untuk penyelenggaraan Pertemuan Sherpa ke-1 Presidensi G20 Indonesia tahun 2022.

Dikabarkan polri sedang mendiskusikan perubahan desain STNK untuk beradaptasi pada kendaraan listrik. Salah satunya perubahan hingga bisa muat menampilkan Nomor Induk Kendaraan (NIK) atau disebut juga Vehicle Identification Number (VIN) kendaraan listrik yang dipahami bisa sangat panjang dibanding kendaraan biasa.

Hal ini diungkap AKP Rudi Wiransyah Setiono, Kaurmin Regident Ditlantas Polda Metro Jaya di acara pembukaan Indonesia Electric Motor Show (IEMS), Rabu (24/11).

Rudi mengungkap perubahan STNK hingga bisa mencakup informasi seperti NIK kendaraan listrik bakal dicoba terjadi pada 2022. Kata dia hal ini bukan hanya meliputi STNK tetapi juga pada BPKB.

Penggunaan mobil listrik dalam KTT G20 menjadi salah satu cara Indonesia dalam menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 29 persen secara mandiri atau 41 persen jika mendapat dorongan internasional.

 

(FSA)

Sumber foto: google.com

Share This