Star Radio - Heboh, G-Dragon BIGBANG Bakal Keluar Wamil Lebih Cepat
Music
Heboh, G-Dragon BIGBANG Bakal Keluar Wamil Lebih Cepat
September 11th | 2019

Staradio1073fm.com, CNN Indonesia – Stars, Leader BIGBANG G-Dragon akan menyelesaikan wajib militer lebih cepat dari yang diperkirakan loh. Hal itu disebabkan perubahan kebijakan Korea Selatan terkait masa aktif wajib militer.

Seperti yang dilansir Allkpop, G-Dragon memulai masa wajib militer pada 18 Februari 2018. Ia masuk pusat pelatihan Divisi Infantri ketiga pada 27 Februari dan dijadwalkan keluar pada November 2019. Namun perubahan kebijakan yang diterapkan pemerintah Korea Selatan bisa membuat G-Dragon menunaikan kewajibannya lebih cepat yakni pada 26 Oktober 2019.

Pemberitahuan ini membuat masyarakat terpecah. Penggemar BIGBANG atau yang disebut VIP menyambut baik kabar tersebut. Namun,ada beberapa di antaranya merasa G-Dragon hanya sesaat 'mencicipi' wajib militer. Kebijakan ini sesungguhnya juga akan dirasakan idol yang belum menunaikan kewajiban wajib militer.

Sebelumnya, seluruh laki-laki warga Korea Selatan baik selebriti maupun tokoh penting, harus menunaikan wajib militer paling sedikit selama dua tahun. Sehingga, artis atau musisi terpaksa hiatus atau vakum dari kegiatan keartisan saat menjalankan kewajiban tersebut.

Namun pada Juli 2018, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menerbitkan kebijakan mempersingkat masa wajib militer dalam Reformasi Pertahanan 2.0. mulai dari pengurangan masa layanan dari 23 bulan menjadi 20 bulan bagi Angkatan Laut serta pengurangan masa bakti dari 24 bulan menjadi 22 bulan di Angkatan Udara. 

Pengurangan akan dilakukan bertahap selama tiga tahun dengan rincian masa tugas dikurangi satu hari setiap dua minggu. Saat menjalani wajib militer, Boyband G-Dragon kerap ditimpa isu miring yakni menerima perlakuan khusus seperti mendapat ruang perawatan VIP yang dilengkapi dengan AC, TV, serta kulkas usai operasi pergelangan kaki.

G-Dragon uga pernah dikabarkan melanggar peraturan dengan melewati ambang batas izin keluar. G-Dragon disebut telah izin keluar 33 kali padahal batas maksimal adalah 30 kali. Tetapi, seluruh kabar tersebut dibantah Kementerian Pertahanan dengan menegaskan G-Dragon tak pernah menerima perlakuan khusus ketika sakit dan baru menggunakan izin sebanyak 26 kali.

Sebelum G-Dragon, TOP BIGBANG juga mendapatkan pengurangan masa aktif wajib militer. Awalnya, ia dijadwalkan keluar pada Agustus 2019 tetapi akhirnya selesai pada Juli 2019.

Dua member BIGBANG lainnya yakni Taeyang dan Daesung saat ini juga masih menjalani wajib militer. Keharusan tersebut dijadwalkan tuntas pada November 2019.

Nita yuliyanti,11September2019

Share This