Star Radio - Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengurangi Polusi Udara
Lifestyle
Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengurangi Polusi Udara
August 5th | 2019

Polusi udara kini menjadi isu serius di seluruh dunia, dan saat ini DKI Jakarta menjadi salah satu kota dengan polusi udara tertinggi di dunia. Menurut Air Quality Index atau AQI Jakarta di AirVisual pada Selasa, 30 Juli 2019 Indonesia berada di urutan kedua setelah Tashkent, Uzbekistan, sebesar 158. Ini artinya kualitas udara Jakarta berada di level merah atau tidak sehat nih Stars.

Polusi udara disebabkan aktivitas sehari-hari penduduk Jakarta. Mulai dari transportasi, penggunakan energi listrik, hingga pembakaran sampah, juga industri di sekitarnya.

Untuk itu, perlu adanya kesadaran untuk mengurangi hal-hal yang dapat meningkatkan polusi udara di Jakarta. Lalu apa saja hal yang bisa Stars lakukan untuk mengurangi polusi udara? Yuk simak!

1.    Bijak dalam Menggunakan Kendaraan
Asap yang dihasilkan kendaraan merupakan penyumbang terbesar atas terjadinya polusi udara lho Stars. Dan mulai saat ini, kamu bisa beralih dari kendaraan pribadi menggunakan transportasi umum untuk meminimalisir asap kendaraan yang bisa mencemari udara.

2.    Kurangi Rokok
Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia yang dapat menyebabkan polusi udara. Namun jika mengurangi konsumsi rokok masih sulit dilakukan, kamu bisa melakukan beberapa upaya untuk mengurangi polusi udara seperti tidak merokok di sembarang tempat dan mencari area khusus merokok ya Stars. 

3.    Kurangi Penggunaan Alat Elektronik 
Mulai dari sekarang Stars perlu meminimalisir penggunaan alat elektronik seperti mencabut kabel listrik jika tidak digunakan, menggunakan alat elektronik seperti lampu dan pendingin ruangan yang hemat energi, atau menggunakan satu lampu utama di hunian saat malam hari.

4.    Menanam Lebih Banyak
Menanam tumbuhan di rumah atau kantor kamu dapat sangat mengurangi jumlah polusi udara dalam ruangan. Menurut penelitian NASA, varietas lain yang bermanfaat untuk udara bersih adalah pohon bambu, cemara Cina, dan semua pohon Dracaena. Oh ya, janga lupa nih Stars lidah mertua juga telah terbukti sebagai salah satu filter udara di dalam ruangan.

Meskipun sederhana, kamu bisa mulai mempraktikkan hal di atas sebagai upaya untuk  mengurangi polusi udara ya Stars. 

Mia Permatasari, 2019

Share This