Star Radio - Guncang Talaud, Gempa Magnitudo 7,1 Tak Berpotensi Tsunami
Lifestyle
Guncang Talaud, Gempa Magnitudo 7,1 Tak Berpotensi Tsunami
August 12th | 2021

Stars, gempa 7,1 magnitudo telah mengguncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara loh. Gempa ini terjadi pada Kamis  (12/8/2021) dini hari.  

Dikutip dari halaman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jakarta, gempa tersebut terjadi pukul 00.46.17 WIB. Menurut dugaan, gempa berkekuatan magnitude 7,1 ini tidak menimbulkan tsunami.

Pusat gempa ini juga dinyatakan berada di laut yang berjarak 267 kilometer dari Timur Laut Melonguane dengan kedalaman 51 kilometer

Dilansir dari Merdeka.com,  kekuatan gempa tersebut dirasakan dengan skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI) di Talaud dan skala II-III di Sangihe dan Bitung.

Berdasarkan literasi mengenai gempa, skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI) memiliki makna bahwa getaran gempa masih masuk ke dalam kategori ringan walaupun masih bisa dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah. Hal tersebut  ditandai dengan berderiknya jendela serta pintu rumah warga.

Selanjutnya skala III Modified Mercalli Intensity (MMI), memiliki arti bahwa gempa masuk dalam kategori lemah karena hanya menimbulkan getaran di dalam rumah layaknya seperti ada truk yang lewat. Sedangkan yang terakhir, skala II Modified Mercalli Intensity (MMI), memiliki arti bahwa getaran bisa dirasakan oleh beberapa orang dan dapat menggerakan benda-benda ringan yang digantung. 

Stars, untuk kalian yang memiliki keluarga atau sedang tinggal di Talaud, Sulawesi Utara tetap waspada ya.

 

(C)

Sumber foto: Merdeka.com

Share This