Star Radio - Grenn Fredly dan Film “Tanda Tanya”
Movie & Cinema
Grenn Fredly dan Film “Tanda Tanya”
April 10th | 2020

Glenn Fredly Deviano Latuihamallo atau yang akrab disapa Glenn Fredly selama hidupnya dikenal sebagai musisi yang humanis dan kerap menyuarakan semangat toleransi beragama. Salah satu bentuk dukungannya nampak dalam keterlibatannya sebagai salah satu aktor pemeran dalam film “Tanda Tanya” alias “?” yang kental dengan muatan toleransi.

Dalam film yang disutradari Hanung Bramantyo ini Glenn Fredly menjadi salah satu aktor pendukung dan beradu acting dengan Reza Rahadian, Endhita dan Deddy Sutomo. Dikisahkan dalam film tersebut, Rika (Endhita), seorang janda baru saja berpindah agama. Ia pun belajar agama nasrani dan rajin mengikuti kebaktian yang dipimpin oleh Romo (Deddy Sutomo) yang bijak.

Salah satu pemuda Katolik, Doni, yang diperankan Glenn menyambutnya dengan hangat. Ia nampak tertarik dengan Rika dan ingin mendekatinya. Sayangnya Rika lebih nyaman dengan Surya (Agus Kuncoro) seorang muslim yang dekat dengan anaknya.

Porsi Glenn berakting memang tidak bayak dalam film tersebut. Film tersebut menjadi debutnya di industry pergfilman sebagai aktor. Ia kemudian turut andil sebagai aktor dan produser di film “Cahaya dari Timur: Beta Maluku” dan “Pretty Boys”. Ia juga menjadi salah satu produser di “Filosofi Kopi” dan mengisi tembang soundtrack film omnimbus “Rectoverso” dengan lagu “Malaikat Juga Tahu” dan mengisi album soundtrack “Cinta Silver”.

Film “Tanda Tanya” yang dirilis tahun 2011 menjadi film pilihan yang diputar komunitas film Kompasiana, KOMiK, pada peringatan hari filn nasional pada tahun 2018. Film ini menggambarkan betapa warna-warninya Indonesia. Negeri ini seperti pelangi kaya akan keragaman. Perbedaan agama tidak menjadi halangan untuk hidup berdampingan dan saling membantu.

Dalam film ini dikisahkan Soleh (Reza Rahadian) yang merupakan anggota banser meninggal karena menyelamatkan gereja dari serangan bim. Film ini terinspirasi dari sebuah kisah nyata yang terjadi pada tahun 2004. Film ini sempat menuai kontroversi hingga diboikot dan dilarang tampil.

“Tanda Tanya” sebuah film yang indah memberikan pesan pentingnya toleransi beragama.

 

Semoga karya Bung Glenn akan selalu kami kenang. Rest In Love Glenn Fredly…

 

--

Steven Sung

Share This