Star Radio - Gempa Bumi Cianjur: Fakta dan data
Lifestyle
Gempa Bumi Cianjur: Fakta dan data
November 22nd | 2022

Gempa berkekuatan 5,6 SR terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11), sekitar pukul 13.21 WIB. 

Gempa tersebut terasa di sejumlah wilayah di Tangerang. BMKG mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai gempa susulan yang bisa saja terjadi kapan saja.

Berikut beberapa fakta dan data terkait gempa Cianjur yang terasa kencang hingga Tangerang:

1. Kekuatan Gempa

BMKG mencatat guncangan gempa Cianjur berkekuatan  5,6 SR. Pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 Km pada koordinat 6,84 LS-107,05 BT.

BMKG menyatakan getaran gempa ini tak menimbulkan potensi tsunami.

2. 25 kali Gempa Susulan

BMKG mencatat ada 25 kali gempa susulan pascagempa dengan magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat. Kekuatan gempa susulan itu berbeda-beda.

"25 kali gempa susulan," kata Kepala BMKG Dwikorita dalam konferensi pers, Senin (21/11/2022).

Dia mengatakan gempa susulan tercatat paling kuat dengan magnitudo 4. Sementara itu, gempa dengan magnitudo terkecil 1,8.

"Magnitudo terbesar 4 dan terkecil 1,8," ujarnya.

3. Memakan Korban

Berdasarkan laporan BPBD, pasca gempa menyebabkan 62 orang meninggal dunia, 362 orang luka ringan hingga berat, 2.345 rumah rusak berat, dan 13.400-an orang mengungsi.

4. Antisipasi Gempa Susulan dengan Ribuan Tenda

Kementerian Sosial RI juga berupaya memberikan bantuan ribuan tenda yang diperuntukkan bagi korban terdampak gempa bumi di Cianjur. Setidaknya ada 1.000 tenda yang disebar di tujuh kecamatan.
Menurut Mensos Risma, tenda-tenda itu akan melindungi para korban dari kemungkinan adanya gempa susulan. Ini juga bisa digunakan sebagai tempat berlindung sementara karena tempat tinggalnya roboh.

"Kita siapkan untuk sementara warga yang bangunannya roboh dan untuk keamanan warga maka kita siapkan untuk tempat istirahat mereka, kita siapkan tenda-tenda," kata Mensos Risma.

5. Mendapat Perhatian Dunia

Merujuk Liputan6, gempa bumi di Kabupaten Cianjur mendapat perhatian dari dunia internasional. Beberapa media luar negeri terlihat memberitakan bencana itu seperti BBC, Arab News serta Kyodo dan Japan Times dari Jepang yang memberitakan dampak serta jumlah korban meninggal.

Para pemimpin dunia juga menyampaikan rasa duka cita yang mendalam akan kejadian itu. Presiden Prancis Emmanuel Macron misalnya, ia mengirimkan doa dan pesan bela sungkawa menggunakan bahasa Perancis dan Indonesia.

“Pagi ini Indonesia terguncang gempa kuat yang membawa kehancuran dan memangsa nyawa. Duka cita mendalam untuk para korban. Prancis turut solider.,” kata Macron, dikutip dari akun twitternya.

 

(RA) 

Sumber Foto: Google.com

Share This